KABUPATEN KE 12, TIM JURI SATU WASAKA AWARD LAKUKAN PENILAIAN DI KABUPATEN BANJAR

Penulis 31 May 2024 Daerah 0 Views

Tim Juri Sanitasi dan Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (SATU WASAKA) Award Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024 melakukan penilaian di Kabupaten Banjar. 

Kabupaten Banjar merupakan kabupaten yang ke 12 dikunjungi para juri Satu Wasaka Award untuk dilakukan penilaian terkait pencapaian sanitasi dan air minum didaerahnya. 

Kedatangan rombongan tim juri langsung disambut oleh Sekretaris Daerag Kabupaten Banjar M Hilman dan jajaran pejabat lainnya di Aula Barakat lantai 2 Martapura, Kamis (30/5/2024).

Dikesempatanya, Hilman menyampaikan bawah Satu Wasaka Award adalah untuk mendorong kabupaten/kota di Provinsi Kalsel agar dapat meningkatkan akses sanitasi dan air minum.

Banyak upaya yang telah pihaknya lakukan seperti perbaikan permasalahan sanitasi dan air minum di masyarakat melalui beberapa program. 

“Namun ada beberapa kendala karena kondisi geografis Kabupaten Banjar cukup luas dan kondisi masyarakat yang berbeda-beda kulturnya sehingga penanganan antara kawasan yang satu dengan yang lainnya berbeda,” ujarnya dihadapan para Juri.

Oleh karena itu, ia meminta dukungan dari Pemprov Kalsel untuk berkolaborasi agar terpenuhi sanitasi dan air minum yang berkualitas di Kabupaten Banjar. “Sinergi antara pemerintah, masyarakat dan pihak swasta sangat diperlukan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan berkualitas,” kata Hilman

Sementara itu, Tim juri satu Wasaka Award dari Dinas PUPR Kalsel, Angga Rinaldi Rizal mengatakan, penilaian Satu Wasaka Award yang dilakukan melalui forum diskusi dan peninjauan ke lapangan untuk melihat infrastruktur yang telah terbangun.

“Satu Wasaka Award juga dapat dijadikan berbagi pengalaman dengan kabupaten/kota lainnya bagaimana mengatasi masalah kawasan permukiman dan monitoring Pemprov Kalsel untuk membantu masalah sanitasi dan air minum di kabupaten/kota,” kata Angga.

Untuk diketahui setelah melakukan pertemuan tim juri akan melanjutkan kunjungan kelapangan dibeberapa tempat yaitu TPS3R Al Basia, Bumdes Maiu Bersama Desa Sungai Arafat Kec. Karang Intan, IPLT dan TPA Karang Intan dan IKK SPAM Gambut. MC Kalsel/tgh

SUMBER : diskominfomc