MERIAHKAN PEKAN BUDAYA BANUA 2024, MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT PAMERKAN REMPAH BANUA

Penulis 22 October 2024 Daerah 0 Views

Dalam rangka memeriahkan Pekan Budaya Banua 2024 yang diselenggarakan mulai 21 hingga 25 Oktober 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan pamerkan koleksi berbagai rempah khas Kalimantan Selatan di Lapangan Murdjani Banjarbaru.

Hal ini disampaikan Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan, M. Taufik Akbar yang mengatakan bahwa pihaknya kali ini mengangkat sahang sang primadona yang merupakan salah satu rempah yang terkenal hingga mancanegara.

“Koleksi yang kami tampilkan sejalan dengan Pekan Budaya Banua yang merupakan rangkaian dari Festival Gerbang Nusantara 2024 di Kalimantan Selatan,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (22/10/2024).

Dirinya menerangkan, berbagai koleksi rempah dipamerkan selama pelaksanaan Pekan Kebudayaan Banua 2024 diantaranya Sahang (Lada), Cengkeh, Kenari dan Pala.

Akbar mengungkapkan koleksi yang dipamerkan bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luar, khususnya pelajar dan mahasiswa yang banyak belum mengetahui tentang sejarah jalur rempah khususnya di Kalimantan Selatan.

“Ini merupakan bentuk pengenalan dan pelestarian kebudayaan Kalimantan Selatan,” katanya.

Untuk itu dirinya mengajak masyarakat untuk berbondong – bondong mengunjuki stan Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan selama kegiatan Pekan Kebudayaan Banua 2024.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan melihat langsung agar lebih banyak mendapatkan informasi mengenai sejarah kebudayaan Banua kita,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

SUMBER : diskominfomc