DITUTUP DENGAN PAGELARAN WAYANG BANJAR, FESTIVAL BUDAYA NUSANTARA 2024 SUKSES DIGELAR

Penulis 07 October 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Sukses menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara 2024 yang ditutup dengan seni tradisional pagelaran wayang banjar di Halaman Museum Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan, M. Taufik Akbar mengatakan pihaknya sangat bersyukur antusias masyarakat sangat tinggi untuk memeriahkan festival gerbang nusantara yang diselenggarakan selama empat hari  mulai 1 hingga 4 Oktober 2024.

“Berbagai rangkaian kegiatan yang sudah kami laksanakan mulai dari Pameran Temporer Jalur Rempah, Lomba Tari Kreasi Tradisional, Belajar Bersama dengan materi pembuatan kain sasirangan dan Anyaman purun prosesi baayu maulun, Lomba Menyanyi lagu Banjar, Tradisi Baayun Maulud, Pembuatan Video Profil Museum dan puncak acara malam ini yaitu pagelaran wayang banjar oleh dalang Radiman,” ucapnya, Banjarbaru, Sabtu (5/10/2024).

Lebih Lanjut, Akbar menuturkan festival gerbang nusantara menjadi salah satu wadah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengenalkan dan melestarikan berbagai kesenian dan kebudayaan yang dimiliki kalimantan selatan sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Akbar mengatakan festival ini juga menjadi sarana untuk lebih mengenalkan museum lambung mangkurat ke seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda.

Untuk itu, dirinya berharap semoga di tahun depan pihaknya bisa lebih meningkatkan penyelenggaraan mulai dari perlombaan hingga pagelaran seni tradisi kalimantan selatan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Sehingga generasi muda dapat lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam melestarikan seni dan budaya kita tercinta,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

SUMBER : diskominfomc