JOURNALIST CAMP HARI KEDUA, PESERTA DILATIH MENANGKAP FAKTA DAN MENGOLAH CERITA MENJADI BERITA

Penulis 06 May 2024 Daerah 0 Views

Pengamatan yang jeli dan kemampuan membuat cerita menjadi berita yang menarik menjadi salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis.

Hal tersebut disampaikan oleh panitia Juornalist Camp, Rama pada hari kedua kegiatan tersebut di Kebun Raya Banua, Banjarbaru, Sabtu (4/5/2024).

Rama mengatakan, seorang jurnalis harus mampu menangkap fakta, dan melihatnya sebagai sesuatu yang bernilai informasi atau berita yang dapat dipahami masyarakat.

“Ada banyak cerita yang bisa dibagikan, seorang jurnalis harus bisa menangkap dan mengolah cerita tersebut menjadi berita baik dan menarik rasa ingin tahu masyarakat,” katanya.

Cerita yang bisa dibuat jadi berita yang menarik, lanjutnya, adalah cerita yang memiliki nilai informasi penting seperti segala sesuatu yang menyangkut dengan kehidupan masyarakat.

“Selain itu, cerita yang berkaitan dengan ketokohan juga bisa menjadi berita yang menarik minat membaca masyarakat,” tuturnya.

Lalu kedekatan dengan pembaca membuat berita semakin menarik dan penting. Semakin penting dan menarik sebuah berita, semakin banyak orang yang ingin mengetahuinya. Ceritakan hal-hal penting dari suatu objek untuk membuat berita yang menarik.

“Apapun yang kita tulis, orang akan membacanya. Teruslah berkarya dan menjadi bermanfaat bagi orang lain,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc