PEMPROV KALSEL DAPAT APRESIASI DARI PEMERINTAH PUSAT TERKAIT PENGGUNAAN APLIKASI SRIKANDI

Penulis 04 October 2023 Daerah 0 Views

BANJARBARU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar sosialisasi dan supervisi pengelolaan data admin dan SOP pada aplikasi umun SRIKANDI. Sosialisasi tersebut digelar disalah satu hotel berbintang di Kota Banjarbaru, pada Selasa (3/10). Dalam sosialisasi tersebut, diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Kalsel mendapat apresiasi langsung dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANDRI), dikarenakan penggunaan aplikasi SRIKANDI yang maksimal dilingkup SKPD Provinsi Kalsel.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Muslim menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalsel memiliki Peraturan Daerah (Perda) terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik. Sehingga penerapan aplikasi SRIKANDI di lingkup SKPD berhasil maksimal dilaksanakan. Oleh karena itu, Provinsi Kalsel mendapat apresiasi langsung dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANDRI), atas maksimalnya penerapan aplikasi SRIKANDI.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel Muhammad Muslim (tengah)

“Aplikasi SRIKANDI sendiri dapat memudahkan pimpinan untuk melakukan disposisi surat dengan cepat dan dimana saja, sehingga pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat,” ungkap Muslim usai menghadiri sosialisasi pengelolaan data admin dan SOP pada aplikasi umun SRIKANDI.

Muslim menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawalan pada penggunaan aplikasi SRIKANDI, sesuai arahan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, tentang optimalisasi sistem menggunakan berbasis elektronik.

“Diskominfo memiliki peran mengawal pengembangan dan pemanfaatan aplikasi SRIKANDI ini seperti infrastruktur, dan keamanan sistem informasinya,” lanjut Muslim.

Kedepannya, Diskominfo Provinsi Kalsel akan melakukan pengembangan terhadap aplikasi SRIKANDI sesuai dengan kebutuhan yang ada di SKPD di lingkup Pemprov Kalsel.

“Kita bisa mengembangkan dan menambah fitur yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya notifikasi surat masuk dan lain sebagainya. Namun karena SRIKANDI ini aplikasi dari pemerintah pusat, kita juga perlu melakukan koordinasi dengan mereka,” tutup Muslim.

Aplikasi SRIKANDI sendiri merupakan aplikasi surat menyurat dan kearsipan yang dapat memudahkan pemerintah dalam menjalankan birokrasi di era digitalisasi saat ini. Pada sosialisasi pengelolaan data admin dan SOP pada aplikasi umum SRIKANDI, Kegiatan diikuti seluruh perwakilan SKPD lingkup Pemerintaj Provinsi Kalsel, dan dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel Muhamad Muslim. (MRF/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm