HADIRI RAKOR PENGENDALIAN INFLASI, PAMAN BIRIN SIAP PANTAU PERKEMBANGAN HARGA BERAS

Penulis 12 September 2023 Daerah 0 Views

Gubernur Kalsel mengikuti rakor pengendali inflasi di Kemendagri

JAKARTA – Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi pekan pertama September 2023, digelar Kementrian Dalam Negeri pada Senin (11/9). Rakor ini rutin diikuti pemerintah daerah dan Tim Pengendali Inflasi nya secara daring, dari daerah masing – masing. Tidak terkecuali pemerintah provinsi Kalimantan Selatan.

Plt Asisten II pemprov Kalsel turut mengikuti rakor pengendalian inflasi secara daring

Namun berbeda dengan rakor sebelumnya, kali ini pemerintah provinsi Kalsel hadir langsung di Kementrian Dalam Negeri, untuk mengikuti rapat yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Tidak tanggung – tanggung, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang datang langsung menghadiri rakor penting ini. Tidak sendirian, Paman Birin ditemani Pj Bupati Batola, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi, serta sejumlah kepada SKPD lingkup pemerintah provinsi.

Paman Birin menyimak penjelasan Mendagri, Tit Karnavian terkait perkembangan inflasi di Indonesia. Terutama soal sejumlah komoditas penyumbang inflasi yang wajib diwaspadai.

“Pemerintah daerah harus mewaspadai kenaikan harga beras, cabai rawit dan cabai merah,” paparnya.

Menurut Tito, ada sejumlah langkah antisipasi yang dapat dilakukan pemerintah daerah. Salah satunya dengan memperkuat serapan dan produksi dalam negeri.

Dalam hal ini, Badan Pangan Nasional (BPN) menurutnya, juga telah bekerja keras memperkuat cadangan stok beras pemerintah dengan berbagai mekanisme.

Mendagri juga berpesan, agar pemerintah daerah selalu mengecek cadangan beras dan kenaikan harga beras.

“Cek kenaikan harga beras setiap hari di daerah masing-masing, untuk dicarikan solusi,” ujarnya.

Solusi dan inovasi dari pemda, baik kepala daerah maupun satgas pangan sangat diharapkan, agar kenaikan beras tidak membebani masyarakat.

“Atensi kita yang paling utama adalah beras yang terus naik. Dan untuk komoditas lain meskipun terkendali, jangan sampai lengah,” sampainya.

Diingatkan juga kembali oleh Tito, terkait atensi Presiden Republik Indonesia pada Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2023 di Jakarta, akhir Agustus 2023 lalu, yang diantaranya adalah pemantauan terkait ketersediaan dan harga beras, integrasi stok data, pengecekan ketersediaan stok dan distribusi pangan, peningkatan cadangan pangan daerah, dan lainnya.

Usai mengikuti rakor, Paman Birin mengungkapkan Pemprov Kalsel selalu bergerak dalam upaya pengendalian inflasi. Terutama dalam mengendalikan harga pangan di pasaran.

“Kita terus melakukan pengendalian inflasi dengan berbagai upaya. Mulai pasar murah serta berbagai kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat,” kata Paman Birin.

Paman Birin pun bersyukur, saat ini Kalsel menjadi salah satu penyangga pangan nasional menghadapi ancaman El Nino atau fenomena pemanasan suhu muka laut.

“Tahun 2022 lalu kita surplus beras yang mencapai 42,46 ribu ton. Insya Allah, tahun ini pun diyakini akan surplus lagi,” ungkap Paman Birin. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm