FILM LOKAL DAN JUKUNG HIAS ASAL KALSEL AKAN MERIAHKAN PKN 2023 DI JAKARTA

Penulis 30 October 2023 Daerah 0 Views

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, akan menampilkan Film Lokal dan Jukung Hias, untuk memeriahkan Pekan Kebudayaan Nasional 2023.

Hal itu disampaikan, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati, kepada Abdi Persada FM, ditemui di ruang kerjanya baru-baru tadi.

Raudati menjelaskan, Pekan Kebudayaan Nasional 2023 yang diselenggarakan pada 20 – 29 Oktober, pihaknya turut berpartisipasi di Seksi Kesenian Disdikbud Kalsel, mulai dari menampilkan Layar Tancap, pada tanggal 28 Oktober, dengan menayangkan film tokoh dan sejarah Perjuangan Kalsel. Hal ini untuk memperkenalkan secara luas kepada para penonton, tentang biografi Kalimantan Selatan.

“Acara akan digelar di Banjir Kanal Timur, DKI Jakarta,” ucapnya

Disampaikan Raudati, untuk tema Pekan Kebudayaan Nasional 2023, “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan”, dimaksudkan mencerminkan konsep lumbung padi dan praktik gotong royong yang telah mengakar dalam masyarakat Indonesia. Pada puncak perayaan tanggal 29 Oktober akan digelar Pawai Budaya Nasional. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan menampilkan Jukung Hias, karena selama ini dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak sungai, terbukti ramainya tingkat kunjungan wisatawan ke Pasar Terapung Kalimantan Selatan.

“Jukung Hias itu akan menampilkan beberapa ornamen yang dibuat seperti Rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi, adanya pohon kasturi serta binatang endemik Kalsel yaitu Bekantan,” tutupnya

Untuk diketahui, Pekan Kebudayaan Nasional merupakan perhelatan budaya dwitahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak tahun 2019. (NHF/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm