SONGSONG INDONESIA EMAS, GUBERNUR KALSEL PIMPIN ROMBONGAN TURDES KE-10

Penulis 01 July 2024 Daerah 0 Views

Mengusung tema Menuju Indonesia Emas Germas Cinta Banua, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, pimpin rombongan Turun ke Desa (Turdes) ke-10 menuju 11 kabupaten se-Kalsel.

Dilepas oleh Ketua TP PKK Kalsel, Raudatul Jannah dan diiringi doa bersama, rombongan bergerak dari kantor Gubernur di Banjarbaru menuju titik lokasi pertama yaitu Kabupaten Tanah Laut.

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor mengatakan tujuan turdes ke-10 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Germas Cinta Banua dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045.

“Untuk itu, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu kunci utama dalam mencapai indonesia emas itu,” kata Gubernur Kalsel, Senin (1/7/2026).

Ia menekankan pentingnya kesehatan sebagai pilar utama dalam upaya menyiapkan dan mengembangkan SDM seperti yang diharapkan untuk mencapai Indonesia Emas. 

Germas Cinta Banua menjadi penting dalam kaitannya dengan upaya ini. Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dan dilakukan dengan sepenuh hati, termasuk di Kalimantan Selatan. 

“Kesehatan adalah kunci utama dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia seperti yang kita harapkan. Kesehatan bukan hanya tentang badan yang kuat, tetapi juga tentang pikiran yang sehat dan kepribadian yang baik,” ujarnya. 

Sebelum berangkat, Sahbirin Noor mengingatkan peserta untuk mematuhi aturan berkendara dengan mengutamakan keselamatan.

“Para kepala SKPD yang menjadi pimpinan tim masing-masing juga harus memantau dan memperhatikan anggotanya agar tidak ada kendala yang dihadapi oleh anggota di perjalanan, sementara pimpinannya tidak mengetahuinya. Semuanya harus berangkat bersama dan pulangnya juga bersama-sama,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kadis Kehutanan Kalsel, Fathimatuzzahra menyampaikan turdes ke 10 diselenggarakan dari tanggal 1-6 Juli dengan melibatkan 305 trail, 148 mobil dan 780 peserta dan 5 tim medis. 

Sedikitnya, ada 16 titik yang akan dikunjungi selama Turdes ke 10 ini, yang diisi dengan penyerahan berbagai bantuan pada setiap titik. Bantuan yang diberikan antara lain paket sembako, sunatan massal, penanaman pohon, bantuan hibah Bumdes, bantuan sekolah, paket pertenakan dan perkebunan, penyerahan produk ikan olahan, pembagian bendera merah putih, serta pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita.

Pada hari pertama rombongan start dari Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru menuju Desa Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Pagatan, Komplek DHP Sungai Kecil, Puskesmas Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Di Kotabaru, terdapat empat tempat yaitu Teluk Aru, SMA 1 Pulau Laut Selatan, Berangas Pulau Laut Timur dan Sarang Tiung. 

Kemudian, tim turdes menuju ke Banua Anam yaitu Paramasan Bawah dan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Selanjutnya, Puskesmas Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Puskesmas Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Puskesmas Tanjung, Kabupaten Tabalong, Puskesmas Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Puskesmas Negara (HSS) dan Puskesmas Candi Laras (Tapin).

Terakhir, menyambangi Puskesmas Belawang, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Tajau Landung, Kabupaten Banjar dan finish di Kiram, Kabupaten Banjar. MC Kalsel/tgh

SUMBER : diskominfomc