UPAYA PENURUNAN STUNTING, PEMPROV KALSEL SEGERA LAUNCHING GEMAR DARLING

Penulis 02 May 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) Provinsi Kalsel segera melaksanakan launching Gerakan Pelajar, Remaja Sadar dan Peduli Stunting (GELAR DARLING) sebagai upaya meningkatkan peran serta pelajar dan remaja dalam pencegahan dan percepatan penurunan stunting.

Plt Kepala DPPPA-KB Provinsi Kalsel diwakili Sekretaris DPPPA-KB Kalsel, Diyah Anur Yani mengatakan, kegiatan ini sebagai gebrakan wahana pemberdayaan pelajar dan remaja sebagai agen aksi cegah stunting di sektor hulu melalui Pembinaan berkesinambungan dan berkelanjutan, Banjarbaru, Kamis (2/5/2024).

“Ini sebagai upaya meningkatkan peran serta pelajar dan remaja dalam percepatan penurunan stunting di sektor hulu baik untuk hal spesifik maupun sensitif,” kata Diyah.

Diyah mengatakan, DPPPA-KB sebagai motor penggerak tentunya akan memaksimalkan penurunan stunting di Kalsel.

Sementara itu, kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DPPPA-KB Kalsel, Musryidyansyah manyampaikan GELAR DARLING sebagai agen cegah stunting dalam rangka pencapaian Target Nasional 14 persen Tahun 2024. Pelajar merupakan salah satu komunitas penyampai sarana informasi yang baik sehingga sangat efektif mendorong perubahan Perilaku untuk mewujudkan keblasaan hidup bersih dan sehat.

“Diharapkan mampu mengembangkan GELAR DARLING terutama untuk pencegahan dari hulu baik terkait stunting secara spesifik maupun untuk permasalahan gizi remaja secara umum yakni, anemia, kekurangan energi kronis dan potensi obesitas sebagai dampak dari perilaku gizi remaja,” jelas Dian. MC Kalsel/scw

SUMBER : diskominfomc