GALI POTENSI MASYARAKAT, PEMPROV KALSEL BUKA PENDAFTARAN LOMBA TARI TRADISIONAL

Penulis 30 August 2024 Daerah 0 Views

Ist

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan membuka pendaftaran perlombaan Tari Tradisional untuk masyarakat sebagai wujud dalam menggali potensi.

Kepala Museum Lambung Mangkurat, M. Taufik Akbar mengungkapkan perlombaan ini menjadi salah satu langkah Pemprov Kalsel dalam melestarikan kesenian daerah sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

“Alhamdulilah, saat ini sudah banyak masyarakat yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti lomba tari tradisional kalimantan selatan,” ucapnya, Banjarbaru, Jumat (30/8/2024).

Ia menerangkan, perlombaan ini rencana akan diselenggarakan pada 3 Oktober 2024 di halaman Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan.

Akbar menuturkan berbagai persyaratan dalam mengikuti lomba tari tradisional diantaranya tema tari yang diangkat dari cerita rakyat, daur hidup bermasyarakat ataupun peristiwa kekinian yang dikembangkan dari akar budaya tradisi di wilayah Kalimantan Selatan.

“Ada beberapa kriteria penilaian untuk oara peserta di antaranya penataan atau pengorganisasian gerak, orientasi penyajian tari tradisi, pengembangan secara kreatif dan inovatif, isi, teknik, bentuk, dan pemanggungan tari,” terangnya.

Sebagai bahan informasi, bagi yang mau mendaftar bisa menggunakan link formulir online yang sudah disediakan https://linktr.ee/museumlambungmangkurat. . MC Kalsel/usu

SUMBER : diskominfomc