GERAKAN PANGAN MURAH DI KALSEL, BENTUK KEPEDULIAN PEMERINTAH UNTUK RAKYAT

Penulis 16 May 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di halaman kantor Banjarbaru, Kamis (16/5/2024).

GPM digelar untuk menstabilkan harga pasokan pangan menjelang hari keagamaan seperti Hari Raya Iduladha.

Plh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Imam Subarkah diwakili oleh Kabid Ketahanan Pangan Saptono mengatakan GPM ini untuk membant masyarakat di Kalimantan Selatan, khususnya di kota Banjarbaru, dalam memperoleh harga pangan yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

“Kita menjual harga di bawah harga pasar hal ini semata-mata untuk membatu masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Saptono didampingi Kabid Holtikultura Amir Sahlan.

Menurutnya, Gerakan Pangan Murah yang dilakukan selama dua hari dan rutin dilakukan di beberapa kabupaten/kota, merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan GPM, angka inflasi dapat ditekan sehingga masyarakat dapat memperoleh harga pangan yang terjangkau,” ujarnya. 

Selain itu pada kegiatan GPM ini juga melibatkan para pelaku UMKM. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi mereka.

“Apalagi yang dijual pada kegiatan ini seperti beras, minyak goreng, gula, sayuran serta makanan olahan yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan pasar. Contoh salah satu makanan olahan adalah nugget, yang biasanya dijual seharga hampir 60 ribu di pasar. Sedangkan di GPM dijual dengan harga Rp43 ribu,” ungkapnya. MC Kalsel/tgh

SUMBER : diskominfomc