MENINGKATKAN SEMANGAT WIRAUSAHA MUDA MELALUI PROGRAM PENUMBUHAN MINAT DAN BANTUAN PERMODALAN

Penulis 08 May 2024 Daerah 0 Views

Dinas Kepemudaan dan Olahraha Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Penumbuhan Minat Kewirausahaan Bagi Pemuda Kabupaten Tanah Laut tahun 2024 di Banjarmasin. 

Acara ini diikuti 50 pemuda dengan tujuan  untuk membuka wawasan dan meningkatkan semangat wirausaha pada generasi muda agar mereka tidak hanya berfokus pada sektor formal, tetapi juga pada sektor informal yang memiliki potensi besar.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel, Hermansyah diwakili oleh Sekretaris Fathul Bahri didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Anugerah.

Dikesempatannya, Fathul Bahri mengatakan kegiatan ini sebagai wadah untuk peningkatan motivasi dan kreativitas dalam pelaksanaan kewirausahaan bagi para pemuda khususnya di Kabupaten Tanah Laut.

“Melalui kegiatan ini mereka akan diberikan pembelajaran bagaimana Tatacara melakukan pemasaran usaha mereka melalui digitalisasi,” kata Fathul Bahri di Bajarmasin, Selasa (7/5/2024). 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Anugerah menambahkan bahwa pendampingan dan pengembangan kewirausahaan diperlukan, terutama dalam sektor pemasaran yang kini semakin bergeser ke ranah digital. 

“Kegiatan penumbuhan minat wirausaha bagi pemuda ini khusus untuk wirausaha muda yang telah memiliki usaha dan izin, namun perlu mendapatkan pendampingan dan tips tentang pemasaran, terutama dalam dunia digital,” ujarnya. 

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dispora juga memiliki program bantuan permodalan untuk wirausaha muda setiap tahun. Untuk tahun 2024, terdapat 70 orang wirausaha muda pemula di seluruh Kalsel, masing-masing kabupaten/kota menerima bantuan untuk 5 orang wirausaha muda. 

“Syarat penerimaan bantuan ini adalah memiliki surat izin usaha dari Dinas PTSP setempat. Bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp10 juta per orang wirausaha muda. Anggaran yang dikeluarkan untuk wirausaha muda di tahun ini adalah 700 juta rupiah,” kata Anugerah. MC Kalsel/tgh

SUMBER : diskominfomc