TUTUP MTQN KALSEL KE-35, PAMAN BIRIN BERPESAN UNTUK RAIH PRESTASI TINGKAT NASIONAL

Penulis 06 May 2024 Daerah 0 Views

Gubernur Kalsel saat menyerahkan piala juara bergilir MTQ kepada Wakil Bupati Banjar

TAPIN – Berlangsung meriah, rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin, resmi di tutup Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin pada Kamis (2/5) malam.

Gubernur Kalsel saat menutup MTQN ke-35 tingkat provinsi Kalsel di Tapin

Kabupaten Banjar untuk kedua kalinya, berturut – turut menjadi juara umum pada pagelaran MTQN ke-35 Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tapin, disusul kota Banjarmasin urutan kedua, dan kota Banjarbaru di posisi ketiga.

Seluruh pemenang MTQN ke-35 tingkat provinsi Kalsel

Penutupan MTQN Ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin tersebut, ditandai dengan penyerahan piala bergilir juara umum oleh Paman Birin kepada Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan ucapan selamat kepada para juara tiap cabang lomba MTQN ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Paman Birin berharap, prestasi yang diraih para juara tersebut dapat menjadi motivasi untuk meraih prestasi di MTQ tingkat nasional yang akan digelar di Kalimantan Timur dan IKN mendatang.

“Kepada para juara MTQ Ke-35 ini, khususnya kafilah yang meraih juara umum, saya ucapkan selamat dan sukses. Semoga prestasi yang diraih di MTQ Tingkat Provinsi ini, akan mengantarkan provinsi Kalimantan Selatan untuk meraih prestasi yang membanggakan di MTQ Tingkat Nasional nanti,” ucap Paman Birin.

Paman Birin bersyukur, penyelenggaraan MTQ ke-35 di Kabupaten Tapin dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Menurutnya, kesuksesan tersebut bukan hanya milik Kabupaten Tapin, bukan pula hanya milik para juara, tetapi melainkan kesuksesan bersama dalam upaya membumikan Al-Qur’an di Kalimantan Selatan.

“MTQ adalah sarana untuk memperkenalkan kemerduan dan keindahan dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, menguji hafalan Al-Qur’an, dan sekaligus arena mensyiarkan Islam,” tuturnya.

Paman Birin berharap, setelah pelaksanaan MTQ ini, kiranya tumbuh dalam diri masing – masing, bergema dalam lingkungan keluarga, serta mewarnai kehidupan masyarakat dengan akhlak Al-Qur’an.

“Mari kita hidupkan kembali kebiasaan membaca Al-Qur’an sehabis sholat magrib, seperti di masa lalu,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin memberikan hadiah paket umrah kepada 32 peserta terbaik satu di setiap cabang lomba.

“Alhamdulillah, ini ada peningkatan, jika pada MTQN ke-34 di Kota Banjarbaru kita memberikan hadiah umrah kepada 14 orang yang berhasil meraih prestasi, maka MTQN ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin kita berikan hadiah umrah sebanyak 32 orang,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Tapin Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar – besarnya kepada Paman Birin atas perhatian maupun dukungan secara langsung, yang diberikan selama pelaksanaan MTQ. Sehingga MTQ ke-35 di Kabupaten Tapin dapat melahirkan qori-qoriah, hafiz-hafizah dan cabang-cabang lomba lainnya yang nantinya akan menjadi perwakilan Kalsel di MTQ nasional.

“Saya ucapkan terima kasih atas atensinya yang luar biasa dari Gubernur kita Paman Birin bersama Acil Odah, semoga segala hajat beliau dikabulkan oleh Allah, dan beliau sekeluarga diberikan kesehatan, aamiin ya rabbal alamin,” ujarnya.

Begitu pula Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Paman Birin atas dukungannya selama pelaksanaan MTQ di Kabupaten Tapin.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan kafilah yang ikut serta menyukseskan acara MTQ ke-35 tersebut. Ia berharap, kepada para peserta yang belum meraih prestasi agar kiranya dapat terus mengasah kemampuan mereka sehingga nantinya dapat meraih prestasi terbaik di MTQ ke-36 yang rencananya akan digelar di Kabupaten Banjar tahun mendatang. (Biroadpim-RIW/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm