PEMPROV KALSEL LAKUKAN PENGAWASAN KETAT TERHADAP PENAMBANGAN ILEGAL

Penulis 13 April 2023 Daerah 0 Views

Pengamanan kayu hasil penebangan illegal

BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor menginstruksikan Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel agar terus berupaya mengatasi penambangan ilegal yang terjadi di area kawasan hutan. Dishut Kalsel bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Taman Hutan Raya (Tahura) terus berupaya melakukan patroli dan pengawasan ketat dalam pengamanan hutan. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pengamanan Hutan Dishut Kalsel Haris Setiawan, baru – baru tadi.

Disampaikan Haris, untuk meminimalisir gangguan kerusakan hutan, dan untuk menjaga kelestarian kawasan hutan, tidak hanya dari sisi penanaman yang selalu diperhatikan, namun perlindungan terhadap hutan dan hasil hutan menjadi prioritas.

“Jadi, dari awal Ramadan hingga sekarang telah menangani dua wilayah yang terjadi kerusakan hutan di Kalsel, diantaranya berada di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan dan KPH Sengayam,” ucap Haris.

Dalam menjalankan tugasnya, Dishut Kalsel mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat agar dapat menjaga kawasan hutan dan bisa ikut peduli dalam menjaga kelestarian kawasan hutan lindung sekaligus mencegah kegiatan ilegal.

“Saat tim berpatroli, pendekatan Persuasif kepada masyarakat kami utamakan untuk membuat rasa nyaman, aman, dan mendapat kepercayaan,” tutup Haris. (MRF/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm