GUBERNUR KALSEL KIRIM BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR DI TANAH BUMBU

Penulis 10 June 2024 Daerah 0 Views

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor memberikan perhatian khusus untuk membantu masyarakat terdampak bencana banjir, di beberapa Kecamatan Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel.

“Saya telah memberikan atensi atau arahan penting kepada BPBD Kalsel dan dinas terkait Pemprov Kalsel untuk mengambil peran sosial nyata dalam rangka membantu masyarakat terdampak banjir, arahan ini oleh BPBD Kalsel telah direspon cepat,” ucap Sahbirin Noor, Sabtu (8/6/2024).

Diutarakan Sahbirin Noor, setiap bencana yang terjadi diharapkan semua pihak terlebih perangkat daerah yang memiliki tugas dan fungsi di bidang kebencanaan harus sigap dalam mengambil peran.

Diingatkan Gubernur Kalsel, persoalan bencana alam apapun jenisnya datangnya tidak bisa ditebak langkah atau peran yang bisa dilakukan adalah langkah cepat sesuai peran, salah satunya adalah dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat untuk berkolaborasi dengan berbagai elemen selain memberikan bantuan logistik.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan, bersama masyarakat, TNI/ POLRI, BPBD kabupaten Tanah Bumbu organisasi sosial dan relawan, serta dunia usaha, terlihat Tim BPBD Provinsi Kalsel turut berkolaborasi membantu.

Sementara itu Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah menjelasakan, sesuai arahan langsung gubernur, pihaknya turut memberikan dukungan untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Tim Reaksi Cepat BPBD Kalsel saat ini ada di lokasi banjir untuk berkolaborasi dengan berbagai elemen membantu masyarakat, dan pada Kamis malam, 6 Juni 2024, bantuan logistik berupa sembako, dan peralatan antara lain terpal dan matras diserahkan kepada BPBD Kabupaten Tanah Bumbu untuk disalurkan ke pos-pos lapangan,” terang Suria.

Selain itu, tim BPBD Kalsel dan relawan langsung memantau lokasi bencana banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu pada Sabtu, 8 Juni 2024 untuk memperkuat personil di lapangan.

Sementara itu dari data yang diterima Pusdalops BPBD Provinsi Kalsel terhitung Sabtu tanggal 8 Juni 2024 pagi dilaporkan data sebagai berikut: Kejadian bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu terjadi pada hari Selasa, 4 Juni 2024.

“Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan naiknya air Daerah Aliran Sungai (DAS) ke permukaan jalan dan merendam beberapa rumah dan persawahan warga sehingga berdampak terganggunya aktivitas warga dan jalan transportasi di beberapa Kecamatan/Desa di Kabupaten Tanah Bumbu,” jelasnya. MC Kalsel/Fuz

SUMBER : diskominfomc