DISDAG KALSEL PASTIKAN HARGA BAPOK KEMBALI NORMAL

Penulis 04 May 2023 Daerah 0 Views

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, saat meninjau ketersediaan bahan pokok

BANJARMASIN – Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan memastikan, harga bahan pokok saat ini mengalami penurunan dan kembali normal. Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, kepada Abdi Persada FM, pada Rabu (3/5) sore.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, saat meninjau ketersediaan bahan pokok

Birhasani menjelaskan, sebelumnya untuk perkembangan harga bahan pokok di Kalimantan Selatan, sempat mengalami kenaikan akibat tingginya permintaan sejak H-5 menjelang Hari Raya Idul Fitri, seperti daging sapi, ayam ras, berbagai jenis cabe, bawang merah, bawang Bombay dan ikan Gabus.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani

“Sejak H plus 4 lebaran dan hingga kini terus mengalami penurunan, kemudian normal kembali ke harga semula secara berangsur-angsur,” ucapnya

Disampaikan Birhasani, saat ini untuk harga ayam ras, sebelumnya mencapai Rp44.000/kg kini kembali menjadi kisaran Rp. 38.000/kg, cabe merah besar yang sempat mencapai Rp 81.000/kg kini kembali ke harga kisaran Rp45.000- 50.000/kg, cabe rawit hijau yang semula Rp51.000/kg kini hanya Rp45.000/kg, rawit Taji dulunya Rp. 61.000/kg kini menjadi Rp50.000/kg, jenis cabe lainnya juga sudah mengalami penurunan, bahkan ikan gabus (Haruan) yang sempat mencapai Rp78.000/kg kini turun menjadi Rp70.000/kg. Terkait untuk beberapa bahan pokok lain yang belum mengalami penurunan berarti, seperti beras lokal sejenis Unus, Siam, Mutiara. Namun jenis beras lainnya masih dengan harga stabil.

“Untuk daging sapi dan bawang Bombay masih belum terjadi penurunan signifikan, semoga beberapa hari ke depan sudah kembali ke harga sebelum idul Fitri seiring dengan berakhirnya masa libur dan cuti para pekerja,” ungkapnya

Lebih lanjut Birhasani menambahkan, ketersediaan bahan pokok pasca lebaran masih aman, Pemerintah dan pelaku usaha tetap konsisten agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Ia berharap
kinerja pedagang besar, serta industri akan kembali aktif, demikian pula arus distribusi, angkutan darat, udara dan air kembali beroperasi seperti sebelumnya.

“Kami tetap mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap hemat dan selektif dalam berbelanja sesuai dengan keperluan, mari kita kembali beraktifitas, bekerja guna membangun keluarga dan masyarakat,” tutup Birhasani. (NHF/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm