MEMBANGGAKAN! RAMLI, SENIMAN KOMEDI TRADISIONAL KALSEL, RAIH ANUKOM 2023

Penulis 29 September 2023 Daerah 0 Views

JAKARTA – Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) kembali menggelar Anugerah Komedi Indonesia (ANUKOM) 2023, pada Rabu (27/9) malam di Jakarta. Disiarkan langsung salah satu televisi swasta nasional, sejumlah seniman komedi (pelawak) yang sudah dikenal luas masyarakat, mendapatkan penghargaan bergengsi tahunan bagi para seniman, yang menghibur dengan lawakannya.

Sebut saja Wendy Cagur yang mendapatkan penghargaan sebagai seniman komedi pria terfavorit. Sedangkan Ayu Ting Ting mendapatkan penghargaan seniman komedi wanita terpilih dan terfavorit.

Tahun ini merupakan penghargaan yang ke-3 kalinya, dimana Anugerah Komedi Indonesia 2023 ini terdiri dari dua sistem penilaian. Yaitu kategori ‘Terpilih’ yang merupakan hasil dari penilaian juri dan kategori ‘Terfavorit’ hasil dari voting pemirsa.

Juri yang menilai kategori ‘Terpilih’ ini, ada komedian Indro Warkop, komedian Maman dan beberapa anggota PaSKI.

Tahun ini, pertama kalinya diberikan penghargaan untuk 4 kategori khusus.  Yaitu Seniman Komedi Terpilih Kategori Pengabdian Seumur Hidup PaSKI, Program Seni Komedi Televisi Terpilih, Seniman Komedi Terpilih Kategori Legenda Pilihan PaSKI dan Seniman Komedi Tradisional Terpilih.

Kabar gembiranya, dari 4 penghargaan kategori khusus yang diberikan Anugerah Komedi Indonesia tahun ini, salah satunya diraih seniman komedi tradisional asal Kalimantan Selatan.

Melalui Sitkom Acil Mardub episode “Kisah Sang Mantan”, Ramli dipilih para juri menjadi Seniman Komedi Tradisional Terpilih tahun 2023.

Saat menerima penghargaan di panggung, Ramli mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak, termasuk PaSKI Kalimantan Selatan dan juga sang pelatih. Terima kasih juga dihaturkan kepada Anugerah Komedi Indonesia, yang memberikan penghargaan kepada para seniman tradisional.

“Dulu kami seniman komedi daerah sulit untuk mendapatkan wadah untuk berkarya. 

Bahkan mungkin jarang mendapatkan perhatian, tapi berkat adanya PASKI, sekarang kami mudah untuk berkarya dan kami juga lebih mendapatkan perhatian”, ucapnya yang disambut tepuk tangan meriah dari penonton.

Pada kategori ini, Ramli bersaing dengan 6 seniman lainnya. Yakni Suparmi, seni Randai Kuantan dari Riau,  Ti Pakuni, komedian lawas asal Gorontalo, Kelakar Palembang, Sumatera Selatan, grup lawak Garundang, Sumatera Barat, dan grup lawak Tolay Banten, serta grup lawak Oke Jawa Barat. (RIW/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm