TINGKATKAN MINAT BACA, DISPERSIP KALSEL AKAN TAMBAH JAM PELAYANAN

Penulis 17 May 2022 Daerah 0 Views

Ruang Baca Perpustakaan Palnam Banjarmasin. Dispersip Kalsel/dok

Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam meningkatkan minat baca dan mempertahankan Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) berencana akan menambah jam operasional dengan membuka pelayanan Perpustakaan Palnam hingga malam hari.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, pihaknya saat ini masih dalam tahap persiapan untuk penerapannya, dengan melakukan pembahasan dan kajian terkait wacana tersebut, tentunya dengan melihat situasi pandemi COVID-19.

“Selain kita buka diakhir pekan hingga sore hari, yang karena penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyaralat (PPKM) telah dilonggarkan, jika memungkinkan jam layanan sampai malam juga ingin kami lakukan,” kata Nurliani Banjarmasin, Selasa (17/5/2022).

Nurliani menegaskan, dalam penerapannya wacana ini diperlukan kesiapan yang matang mulai dari para petugas pelayanan, keamanan, kebersihan, dan anggaran.

“Kami harus betul-betul mengkaji dan memperhitungkan banyak hal, untuk memastikan agar pelayanan di Perpustakaan Palnam bisa dibuka hingga malam hari,” kata Nurliani.

Sementara itu, Maryatul, salah seorang petugas pelayanan di Perpustakaan Palnam, menyampaikan dukungannya terhadap penambahan jam operasional, yang mengingatkan dirinya sebagai pelayan perpustakaan saat masih remaja.

“Layanan jam malam pernah kami rasakan, saat itu masih muda sekitar tahun 1989-an, pengunjungnya juga lumayan banyak,” kata Maryatul.

Saat ini pelayanan perpustakaan pada hari kerja yaitu Senin hingga Kamis, dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WITA, dan hari Jumat, dari pukul 08.00 sampai pukul 11.30 WITA. Sedangkan di akhir pekan, Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WITA. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc