HADIRI IJAZAH TALQIN DZIKIR, PAMAN BIRIN KOMITMEN DUKUNG SYI’AR DAKWAH DATU KELAMPAYAN

Penulis 03 August 2023 Daerah 0 Views

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (kiri) saat menghadiri Ijazah Talqin Dzikir bersama Abuya Arrazy Hasyim (kanan)

BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau Paman Birin, menghadiri acara Ijazah Talqin Dzikir bersama Arrazy Hasyim atau yang kerap disapa Abuya Arrazy Hasyim, di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Martapura, (2/8).

Suasana Ijazah Talqin Dzikir bersama Abuya Arrazy Hasyim, di Ponpes Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Martapura, Rabu (2/8)

Dalam sambutannya, Paman Birin menekankan pentingnya pemerintah menjalin hubungan dengan dan para ulama, serta mengambil contoh dari kebijaksanaan dan sikap bijak yang pernah ditunjukkan oleh Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kelampayan pada zamannya.

“Penting bagi kita untuk mencontoh sikap hubungan yang sangat mesra antara umaro dan ulama sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari pada zamannya,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga menegaskan komitmennya untuk selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada mensyi’arkan dakwah Datu Kelampayan.

Dukungan tersebut, diharapkannya, dapat memperkuat peran pondok pesantren dalam menyebarkan nilai-nilai keagamaan dan membawa manfaat bagi masyarakat Kalsel secara luas.

Sementara itu, Abuya Arrazy dalam kesempatan itu memberikan Ijazah Talqin Dzikir kepada peserta yang hadir. Ia juga mengajak mereka dalam dzikir dan kesaksian keyakinan.

Abuya Arrazy Hasyim (mic) saat memimpin tahlil dan dzikir kepada santri dan tamu yang hadir

Dalam suasana khidmat, Abuya Arrazy mengajak para santri untuk menutup kedua mata, kemudian membaca tahlil dengan sungguh-sungguh dalam hati. Menguatkan kesaksian akan “Tidak ada tuhan kecuali Allah SWT”.

Selanjutnya, para santri diminta membuka kedua mata sambil mengucapkan “Sayyiduna Muhammadur Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi wa Sallam” sebagai kunci penutupnya.

Semangat acara ini mencerminkan harmoni agama dan politik dalam mendukung kemajuan masyarakat. (BIRO.ADPIM/SYA/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm