PENGEMBANGAN PARIWISATA, PEMPROV KALSEL GAET GENERASI MUDA MELALUI MERATUS GEOPARK YOUTH FORUM

Penulis 23 October 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata Kalsel turut menggaet generasi muda untuk berpartisipasi dalam pengembangan geopark melalui aksi nyata berlandaskan pilar konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat.

Dinas Pariwisata Kalsel pun bekerjasama dengan Badan Pengelola Geopark Meratus menjaring ratusan pemuda-pemudi dari 13 kabupaten/kota di Kalsel untuk diseleksi bergabung dalam Meratus Geopark Youth Forum.

Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Syarifuddin diwakili Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata, Musrefinah Lediya mengatakan Meratus Geopark Youth Forum sendiri merupakan suatu organisasi yang memimiliki tugas untuk mendampingi pengelola Pokdarwis yang berada di 54 site Geopark Meratus.

“Mereka nanti bertugas untuk mensosialisasikan Geopark Meratus, dan membantu peningkatan ekonomi kreatif masyarakat sekitar destinasi geopark,” kata Lediya, Banjarmasin, Selasa (22/10/2024).

Dari hasil seleksi administrasi dan wawancara yang dilakukan beberapa waktu lalu, Dispar Kalsel pun berhasil menjaring 43 orang pemuda-pemudi terbaik dari 13 kabupaten/kota untuk bergabung kedalam Meratus Geopark Youth Forum.

Mereka pun nantinya akan mengikuti kamp pelatihan di salah satu destinasi wisata unggulan Kalsel sekaligus bagian dari Geopark Meratus sebelum disebar ke 54 site Geopark Meratus.

“Kamp pelatihan ini rencananya akan kita laksanakan di Alam Roh 7 Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Disana mereka akan mendapatkan pengarahan dari Youth Forum Nasional, BAPPENAS” jelasnya.

Lediya berharap keberadaan Meratus Geopatk Youth Forum ini dapat membantu mengenalkan Geopark Meratus di tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga dengan ide-ide mereka bisa membantu masyarakat sekitar dalam melestarikan alam dan mengembangkan destinasi wisata yang dikelola” tukasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc