KENALKAN SEJARAH KEBUDAYAAN KALSEL, MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT TERIMA KUNJUNGAN NAGA 2024 KABUPATEN KOTABARU

Penulis 22 October 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan menerima kunjungan Nanang Galuh (Naga) Kabupaten Kotabaru dalam upaya mengenalkan sejarah kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan, M.Taufik Akbar mengungkapkan kunjungan ini sebagai sarana edukasi pendidikan generasi penerus sekaligus generasi muda agar lebih mencintai museum sejak dini.

“Khususnya mereka adalah duta – duta generasi muda yang ikut serta dalam melestarikan sejarah dan kebudayaan kalsel yang kita miliki untuk disebarluaskan,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (22/10/2024).

Dirinya menerangkan, selama kunjungan Naga 2024 Kabupaten Kotabaru pihaknya berkeliling melihat koleksi yang ada di Museum Lambung Mangkurat seperti koleksi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika,koleksi seni rupa, filologima, dan keramologika.

Pihaknya menuturkan koleksi yang dimiliki Museum Lambung Mangkurat hingga saat ini sebanyak 12.149 jenis koleksi.

“Dari semua yang kami miliki ada beberapa koleksi yang disimpan dan sewaktu-waktu juga dikeluarkan untuk dipamerkan,” ungkapnya.

Akbar pun berharap kerja sama antara museum dan bidang kebudayaan maupun pariwisata khususnya Nanang Galuh setiap tahunnya bisa berkunjung ke Museum Lambung Mangkurat.

“Dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan wawasan dan kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya dan dapat turut serta melestarikan warisan budaya, selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap museum,” pungkasnya.

Untuk Diketahui, Museum Lambung Mangkurat memberikan cinderamata berupa Syair Brahma Sadat kepada Bidang Kebudayaan Kabupaten Kotabaru. Mc Kalsel/usu

SUMBER : diskominfomc