PEMPROV KALSEL AKAN GELAR DUA FESTIVAL

Penulis 11 August 2023 Daerah 0 Views

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, akan menggelar dua Festival, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-73 tahun, dan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin, ditemui di ruang kerjanya, pada Kamis (10/8) mengatakan, dua Festival yang akan digelar yaitu Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, dan Festival Budaya Internasional dengan mengangkat tema “Kalimantan Selatan Menjemput Dunia”.
Ia berharap, melalui event ini dapat menambah khazanah budaya dan tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara di Kalsel.

“Festival Wisata Budaya Pasar Terapung ini, kami menggandeng Dispar di 13 kabupaten dan kota di Kalsel untuk turut berpartisipasi,” jelasnya

Disampaikan Syarifuddin, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, akan digelar berbagai event seperti, lomba kelotok hias, penampilan kesenian, karnaval budaya, lomba membuat kue Banjar, lomba barista kopi pengaron, lomba hias Astokona, balap dayung, dan kampung Banjar. Kegiatan akan dilaksanakan dikawasan Siring 0 Km Banjarmasin pada tanggal 11-14 Agustus mendatang.

“Mari warga Banua kunjungi dan saksikan kemeriahan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung,” pintanya

Lebih lanjut Syarifuddin menambahkan, untuk Festival Budaya Internasional dengan mengangkat tema”Kalsel Menjemput Dunia”, ini baru pertama kali diselenggarakan dalam rangka ajang promosi sekaligus pertukaran budaya lima negara yakni India, Korea Selatan, Maroko, Turki dan Romania. Selain itu juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Dalam Negeri RI, dimana akan dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman tentang Kebudayaan dan Kepariwisataan.

“Seiring status Geopark Meratus masih berproses di UNESCO Global Geopark, yaitu bagian geosite tertua dunia, sangat tepat digelar event ini,” tutupnya. (NHF/ RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm