REVIEW PROGRES PERCEPATAN PENCAPAIAN NILAI INDEKS SPBE, DISKOMINFO KALSEL TARGETKAN NILAI 3,66 POIN

Penulis 22 May 2024 Daerah 0 Views

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Rapat Koordinasi Review Progres Percepatan Pencapaian Nilai Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Kalsel.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah Kabid dan Kasi, serta Pranata Komputer di lingkungan Diskominfo Provinsi Kalsel

Sekretaris Diskominfo Provinsi Kalsel, Hairurraji mengatakan bahwa pada 2024 ini Diskominfo Provinsi Kalsel menargetkan nilai Indeks SPBE Provinsi Kalsel naik menjadi 3,66 poin.

“Untuk saat ini nilai indeks kita berada pada angka 2,66 poin dan ini kita targetkan meningkat jadi 3,66 dengan catatan peta rencana dan 6 arsitektur domain telah diselesaikan,” kata Hairurraji, Banjarbaru, Rabu (22/5/2024).

Adapun 6 arsitektur domain tersebut diantaranya, domain arsitektur proses bisnis, domain arsitektur data dan informasi, domain arsitektur layanan, domain arsitektur aplikasi domain arsitektur infrastruktur SPBE, dan domain arsitektur keamanan SPBE.

“Untuk saat ini tidak ada kendala yang berdampak signifikan, dan akan kita upayakan 6 arsitektur domain dan peta rencana ini bisa di selesaikan sesegera mungkin,” tuturnya.

Lebih jauh, sebagai salah satu bentuk komitmen untuk meningkatkan Indeks SPBE, Diskominfo Provinsi Kalsel juga berencana untuk membentuk agen percepatan peningkatan Indeks SPBE.

Dimana agen ini memiliki tugas untuk menyusun rencana kerja percepatan pencapaian indeks SPBE, melakukan koordinasi dengan instansi terkait, mengawasi dan mengevaluasi implementasi SPBE di Pemprov Kalsel, dan lain sebagainya.

“Agen percepatan ini sangat diperlukan, karena mereka yang akan membantu kita untuk memenuhi indikator dan kordinator dengan berbagai SKPD,” tuturnya.

Penilaian Indeks SPBE ini sendiri rencananya akan dilaksanakan pada Juni atau Juli mendatang. Berkenaan dengan hal tersebut dia berharap nilai indeks SPBE Kalsel semakin bagus.

“Hal ini tentunya akan menjadi cermin bahwa kita telah berkinerja sebaiknya-baiknya,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc