DISKOMINFO KALSEL GELAR MEDIA EVENT JELANG PEMILU DAN PILKADA 2024

Penulis 13 October 2023 Daerah 0 Views

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar kegiatan media event dengan tema “kawal ruang digital” dalam rangka menciptakan ruang digital yang sehat untuk pemilu dan pilkada pada 2024 mendatang. Media event ini juga diharapkan mampu menekan potensi hoaks, polarisasi, konten negatif maupun kampanye hitam. Pada media event ini juga dilakukan penandatanganan petisi online.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel Muhammad Muslim menyampaikan, media massa memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk opini dan pandangan masyarakat. Oleh karena itu, fungsi media harus dioptimalkan dengan baik, sehingga mampu menjadi sarana penyebarluasan informasi positif, mendorong terbentuknya pemikiran dan sikap positif masyarakat, serta menciptakan atmosfer politik yang kondusif.

Kepala Diskominfo Kalsel Muhammad Muslim

“Ini merupakan perwujudan komitmen kita bersama untuk menghadirkan perubahan positif dalam perkembangan dunia digital,” ungkap Muslim.

Peran ruang digital kini semakin penting dalam kehidupan manusia seharihari. tidak hanya sebagai sarana hiburan dantempat berkomunikasi namun juga menjadi sarana masyarakat untuk mendapatkan informasi. bahkan di ruang digital juga menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengakses segala informasi terkait penyelenggaraan pemilu dan pilkada 2024.

“Dengan digelarnya media event, merupakan perwujudan komitmen kita bersama untuk menghadirkan perubahan positif dalam perkembangan dunia,” lanjut Muslim.

Ditambahkannya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan sungguh-sungguh berkomitmen untuk menghadirkan ruang digital yang sehat karena tantangan besar yang dihadapi, seperti penyebaran hoaks, polarisasi, konten negatif, dan kampanye hitam.

“Pemprov Kalsel telah dan akan terus berupaya untuk menciptakan ruang digital yang sehat, aman, dan beretika” lanjut Muslim.

Diskominfo Kalsel juga berkomitmen untuk mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik itu masyarakat, Media, LSM, dan pihak-pihak terkait untuk bersinergi dan berkolaborasi. Kita dapat bersama-sama menjaga integritas dan kualitas informasi yang beredar di ruang digital. untuk bersama-sama berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang berita palsu (hoaks), menggalakkan literasi digital, serta berperan aktif dalam memerangi konten-konten yang merusak dan merugikan.

“Kita dapat memastikan bahwa pemilu dan pilkada 2024 nanti, dapat berjalan dengan kondusif dan baik,” tutup Muslim. (MRF/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm