IKUTI KOMPETISI NASIONAL KIM FEST 2024, PEMPROV KALSEL AKAN SELEKSI KIM

Penulis 19 April 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel akan mengadakan seleksi bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional KIM Fest.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, M Muslim mengatakan, setelah lebaran kemarin pihaknya telah mengirimkan surat imbauan kepada seluruh Diskominfo kabupaten/kota dan ketua KIM untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi.

“Kita sengaja melaksanakan seleksinya itu sekarang, agar kita punya waktu untuk melakukan pembinaan. Kita belajar dari pengalaman tahun kemarin dimana kompetisi tingkat nasional ini berat, karena menghadapi provinsi yang dukungan terhadap KIM nya sangat tinggi,” kata Muslim, Banjarbaru, Kamis (18/4/2024).

Pendaftaran sendiri akan dibuka hingga akhir April ini, kemudian akan dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan tahap wawancara.

Pada tahapan seleksi administrasi, lanjutnya, para peserta akan diminta untuk membuat presentasi dan video profil sepanjang 1 menit (60 detik).

“Dari situ kita akan pilih finalis, dan finalis ini yang akan kita tindak lanjuti ke tahapan wawancara,” tuturnya.

Pada tahapan wawancara ini, pihaknya akan menggandeng sejumlah pihak luar sebagai dewan juri seperti Dinas PMD, praktisi media, dan juga public speaker.

“Pelaksanaan sesi wawancara ini rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan Rakerda Diskominfo pada sekitar Mei, sehingga di akhir Mei kita sudah mendapatkan pemenang seleksi KIM terbaik tingkat provinsi untuk mewakili Kalsel di tingkat nasional,” jelasnya.

Lebih jauh, pada tahun ini ada empat kategori yang dilombakan diantaranya adalah kategori UMKM, Perkebunan, Pariwisata, dan Kebudayaan.

Muslim mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan coba lebih fokus pada kategori seni budaya, mengingat Provinsi Kalsel memiliki keragaman budaya yang menarik.

“Kita akan coba di kategori yang baru ini, seni budaya. Semoga kita punya peluang yang lebih besar untuk menang,” ucapnya.

Muslim berharap, KIM yang mewakili Kalsel nanti bisa lebih optimis dan percaya diri menghadapi KIM dari provinsi lain. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc