PERINGATI HUT KE-75 PROKLAMASI GUBERNUR TENTARA ALRI, GUBERNUR KALSEL IKUTI KIRAB DAN ZIARAH KE MAKAM HASAN BASRY

Penulis 15 May 2024 Daerah 0 Views

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI Hasan Basry.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) memperingati HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang diawali dengan rangkaian kirab sepeda oleh Komunitas Sepeda Onthel Banjarmasin dan ziarah di makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI Hasan Basry.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam kesempatan tersebut mengatakan 17 Mei 1949 merupakan bagian dari sejarah Kalimantan, yang tidak akan lekang oleh zaman.

“Tokoh-tokoh Banua menunjukkan kegigihannya dalam mempertahankan posisi Kalimantan sebagai bagian dari NKRI. Para pejuang Banua tidak pasrah dan berpangku tangan, atas hasil perjanjian Linggarjati,” kata Sahbirin, Banjarbaru, Rabu (15/5/2024).

Menurut Sahbirin, Peringatan HUT ke-75 Proklamasi Tentara ALRI menjadi momentum untuk mengingat aksi heroik dan pengorbanan para pendahulu. Mereka mengajarkan tentang semangat juang dan sikap pantang menyerah, dalam ruang gerak terbatas sekalipun. Kerja sama dan solidaritas yang dibingkai dalam rasa cinta tanah air, menjadi kunci untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan sejati.

“Melalui peringatan ini, saya mengajak bapak, ibu dan pemuda-pemudi yang hadir untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Mari kita doakan agar para pahlawan mendapatkan tempat terbaik di sisi-nya. Raga boleh tiada, tetapi budi baik akan selalu dikenang oleh generasi ke generasi. Tanah Kalimantan menjadi saksi dari setiap tetesan darah para pejuang kemerdekaan,” lantangnya.

Selain itu dirinya mengajak untuk menghayati dan meneladani semangat juang para pahlawan dalam setiap langkah yang ingin dicapai. Karakter tangguh, gigih, disiplin, dan pantang menyerah, akan selalu relevan di setiap tantangan kehidupan serta menjadikan karakter tersebut sebagai landasan dalam menempuh tujuan-tujuan yang mulia.

Puncak peringatan nantinya akan dilaksanakan di Mandapai, Desa Batubini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Jumat (17/5) mendatang. MC Kalsel/Rns

SUMBER : diskominfomc