RATUSAN BENDA PUSAKA DIPAMERKAN MUSEUM WASAKA

Penulis 13 October 2021 Daerah 0 Views

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Yusuf Effendi, saat melihat koleksi di pameran temporer

BANJARMASIN – Sebanyak ratusan benda pusaka dipamerkan, berasal dari museum Wasaka, museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, museum Rakyat Hulu Sungai Selatan serta Komunitas Pecinta dan Pelestari Pusaka Kalsel.

Salah satu benda pusaka di pameran temporer

Ketua Komunitas Wasaka Korwil Banjarmasin Rahmadi, kepada Abdi Persada FM, Selasa (12/10) mengatakan, pihaknya mengapresiasi diikutkan dalam pameran temporer, yang  diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui bidang kebudayaan seksi cagar budaya dan permuseuman provinsi Kalimantan Selatan, untuk memperingati hari museum Indonesia pada 12 Oktober 2021. Karena ada sekitar 70 koleksi benda bersejarah dipamerkan, sedangkan sisanya dari museum.

Ketua Komunitas Wasaka Korwil Banjarmasin, Rahmadi

“Benda pusaka dipamerkan mulai dari keris, parang, belati, pisau, dan sumpit,” ucapnya.

Haji Adi (sapaan akrabnya) menyampaikan, dengan adanya pameran temporer ini,  bertujuan untuk lebih memberikan pengenalan kepada seluruh masyarakat, tentang senjata tempo dulu dan memberi edukasi bagi regenerasi.

“Kami berharap, melalui pameran ini warg akan lebih mengenal benda bersejarah peninggalan para pejuang, dan mengetahui makna dari sebuah senjata,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Kota Banjarmasin Aminah mengatakan, dirinya baru pertama kali ke pameran temporer, dan ternyata senjata tradisional bukan hanya digunakan untuk berperang, namun bisa menjadi pelindung diri, salah satunya kegunaan wafak dan babatsal.

“Selama ini hanya mengetahui cerita dari nenek moyang, namun dengan pameran, meliat secara langsung yang disampaikan cerita dari mulut ke mulut,” tutupnya.

Selain pameran, beragam rangkaian juga dilaksanakan, seperti seminar kajian parang dan forum diskusi pecinta dan pelestari senjata tradisional Kalimantan Selatan, serta diskusi permuseuman museum Lambung Mangkurat, dilanjutkan penampilan madhihin sanggar karamunting Disdikbud Hulu Sungai Selatan.

Untuk diketahui, museum Wasaka menggelar pameran temporer di halaman, yang berlokasi di Jalan Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara. Para pengunjung juga diberikan hiburan, melalui melalui lomba sumpit, masing-masing peserta dibatasi, dengan hadiah hiburan. (NHF/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm