KALSEL GELAR EVEN FESTIVAL BUAH TINGKAT REGIONAL KALIMANTAN

administrator 30 January 2019 Berita 144 Views

Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor menyampaikan sambutan pada acara kontes buah durian dan pameran buah eksotik Kalsel, serta makan buah durian gratis bersama Paman Birin, di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1/2019). MC Kalsel/tgh  

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar kontes buah durian dan pameran buah eksotik Kalsel, serta makan buah durian gratis bersama Paman Birin, di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1/2019).

Dalam sambutannya Gubernur Provinsi Kalsel Sahbirin Noor mengatakan kegiatan kontes Durian ini diselenggarakan agar lebih tergalinya potensi dan hasil perkebunan masyarakat yang  berkualitas. “Kegiatan ini akan terus kami kembangkan, dimana sebelumnya tingkat kabupaten kota, sekarang dipentaskan ditingkat provinsi,” ucap Sahbirin.

Sahbirin mengungkapkan, selain menggali hasil perkebunan masyarakat, melalui kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat banua. “Jadi dengan buah ini, bisa memberikan kesejahteraan untuk rakyat Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor (peci Hitam) meninjau stand Kontes Durian dan pameran buah eksotik Kalsel, serta makan buah durian gratis bersama Paman Birin, di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1/2019).             MC Kalsel/tgh

Kedepannya Gubernur berharap kontes durian ini bisa menjadi cikal bakal kontes durian bertaraf nasional untuk lebih mengenalkan durian unggulan khas Kalsel serta siap untuk menjadikan Kalimantan Selatan sebagai  tuan rumah festival buah tingkat internasional. “Jika ada festival buah tingkat internasional, Kalsel siap menjadi tuan rumahnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman mengatakan, kontes durian dan pameran buah eksotik ini sudah kedua kalinya dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Jadi, kontes durian dan pameran buah 2019 ini yang kedua kalinya dilaksanakan Pemprov Kalsel, yang merupakan gagasan dari Gubernur kita Paman Birin,” kata Syamsir.

Kegiatan ini diikuti 113 peserta dari 13 kabupaten kota. Kami juga menyiapkan 10.000 biji buah untuk disantap bersama Paman Birin, dan hasilnya dalam waktu 30 menit, semua habis dimakan pengunjung.

Oleh karena itu kedepannya, ditahun 2020 mendatang, Syamsir menuturkan, akan mengadakan event festival buah yang lebih besar lagi, yakni festival buah tingkat regional Kalimantan.

“Kedepan, kami akan menggelar festival buah tingkat regional Kalimantan, karena Kalimantan ini merupakan satu kepulauan yang pada saat panen berbarengan, maka akan ada satu hamparan yang semuanya adalah buah-buahan Kalimantan,” ucapnya.

Saya berharap, melalui kegiatan festival seperti ini, dapat memperoleh varietas buah yang berkualitas, terlebih varietas durian yang berkualitas yang mampu bersaing ditingkat internasional. MC Kalsel/tgh

Sumber : MCKALSEL