H-1, PEMPROV KALSEL PASTIKAN KESIAPAN PASAR WADAI RAMADAN

Penulis 24 March 2023 Daerah 0 Views

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai meninjau kesiapan Pasar Wadai Ramadan di kawasan Siring 0 Km Banjarmasin. MC Kalsel/Jml

H-1 sebelum memasuki Bulan Suci Ramadan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama stakeholder terkait kembali melaksanakan technical meeting pemantapan pelaksanaan Pasar Wadai Ramadan, Halal Food Nasional, dan Pasar Rakyat.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Ditemui usai technical meeting, Rifai menjelaskan, pada rapat kali ini ingin memastikan kembali jumlah dan kesiapan stan untuk pedagang Pasar Wadai Ramadan, serta teknis pembukaan, kantong parkir, dan arus lalu lintasnya.

“Alhamdulillah rata-rata sudah siap semua, dan besok akan dilaksanakan pembukaannya oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pada pukul 16.00 WITA,” kata Rifai, Banjarmasin, Rabu (22/3/2023).

Rifai menambahkan, sampai sore ini sudah ada 95 pedagang yang mendaftar untuk memeriahkan Pasar Wadai Ramadan yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut.

Pasar Wadai Ramadan sendiri akan dilaksanakan selama 28 hari selama Ramadan di kawasan Siring 0 Km Banjarmasin.

“Untuk stan, Pemerintah Provinsi Kalsel menyiapkan sebanyak 105 stan secara gratis bagi pedagang dan UMKM, terdiri dari 85 stan dengan atap kajang dan 20 stan tenda Bank Kalsel. Sejauh ini persiapannya sudah bagus, tinggal dipasangkan nomor tenda agar pedagang tidak saling berebut, karena sebelumnya telah dilakukan pengundian nomor stan,” tutur Rifai.

Rifai menyampaikan, dalam pelaksanaan Pasar Wadai nanti pedagang juga akan dilengkapi dengan barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), untuk memudahkan masyarakat yang ingin melakukan transaksi nontunai.

“QRIS ini nantinya akan difasilitasi oleh Bank Kalsel. Hal ini juga dalam rangka mengedukasi pedagang maupun UMKM untuk digitalisasi,” ujar Rifai.

Pada pelaksanaannya nanti, Pemerintah Provinsi Kalsel juga menggandeng seniman bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan UPT Taman Budaya untuk menampilkan hiburan seperti musik religi, habsy, musik panting, madihin dan lain sebagainya selama akhir pekan di panggung utama Siring 0 Km.

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan Pasar Wadai Ramadan nanti, juga akan diisi dengan Pasar Raya yang menjual berbagai kebutuhan pokok dan sembako dengan harga murah, dalam rangka pengendalian inflasi di Banua.

“Pelaksanaan pasar raya ini nantinya akan dikoordinasikan oleh Dinas Perdagangan Kalsel, menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Wilayah Kalsel dan dilaksanakan selama satu minggu berbarengan dengan Halal Food yakni sekitar 10 April 2023,” jelas Rifai.

Lebih jauh Rifai menjelaskan, agar lalu lintas tetap lancar selama pelaksanaan Pasar Wadai Ramadan, Pemerintah Provinsi Kalsel bersama stakeholder terkait telah menyiapkan tiga lokasi sebagai kantong parkir bagi masyarakat yang akan berkunjung nantinya.

“Untuk kantong parkir kita siapkan di Mesjid Sabilal Muhtadin, kemudian di seberang Taman Edukasi (belakang KOREM 101/Antasari), serta disekitar Jl. Keraimaian, dan untuk tamu VIP akan kita arahkan ke halaman Kantor Gubernuran depan Siring 0 Km Banjarmasin,” ujar Rifai.

Sedangkan terkait dengan Halal Food Nasional, Rifai menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Safari Ramadan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

“Untuk Halal Food Nasional nanti Pemerintah Provinsi Kalsel bersama Bank Indonesia akan menyediakan sekitar 41 stan dan akan diisi oleh UMKM yang sudah memiliki sertifikasi halal. Nanti pada kegiatan tersebut Wapres RI juga akan mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalsel,” ujar Rifai. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc