POLDA KALSEL GELAR LOMBA BHAYANGKARA MURAL FESTIVAL 2021, BERHADIAH PIALA KAPOLRI

Penulis 13 October 2021 Daerah 0 Views

Flyer lomba mural Bhayangkara 2021

BANJARMASIN – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menggelar Bhayangkara Mural Festival 2021 Piala Kapolri dengan hadiah puluhan juta rupiah. Tujuan diselenggarakan Bhayangkara Mural Festival 2021 ini adalah untuk memberikan ruang kepada seniman mural, agar dapat menyalurkan bakatnya.

Selain itu, apa yang dibuat ini dalam rangka memberikan inspirasi semangat pergerakan dalam menyampaikan pesan positif melalui media mural.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengatakan, Bhayangkara Mural Festival (BMF) 2021 ini merupakan festival atau lomba yang diselenggarakan oleh Mabes Polri yang akan dilaksanakan secara serentak oleh Polda se-Indonesia untuk mempertemukan berbagai komunitas dan pegiat mural ke dalam budaya mural Indonesia.

“Point utamanya yaitu untuk komunitas dan pegiat mural agar bisa mempresentasikan karya mereka ke panggung yang tepat,” kata Kabid Humas Polda Kalsel di ruang kerjanya, Selasa (12/10).

Dia menambahkan, untuk tema BMF 2021 ini yaitu “Peran Generasi Muda Untuk Berkreasi Dalam Penyampaian Informasi Yang Positif Di Masa Pandemi COVID-19”.

Sedangkan untuk sub temanya sendiri ada berbagai macam seperti Peduli Sesama Di Masa Pandemi COVID-19, Bersama Menjalankan Prokes, Indonesia Sehat Dan Kuat, Bebas Dari COVID-19, dan Bersama Menjaga Indonesia.

“BMF Polda Kalsel 2021 ini akan dilaksanakan pada 30 Oktober 2021 bertempat di area Kolam Renang SKB Mulawarman, Banjarmasin,” ujarnya.

Untuk pendaftaran dibuka sejak 17 September – 18 Oktober 2021, melalui contact person panitia 0821-2222-8208, atau datang langsung ke Kantor Bid Humas Polda Kalsel Jalan S.Parman Nomor 16, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, untuk Kategori Kelompok maksimal 2 orang.

Pada saat mendaftar, peserta wajib mengirimkan konsep mural (design) dalam bentuk PDF dalam satuan ukuran pixel maksimal 2.500 pixel dengan rasio media ukuran 2.44 m x 3.66 m dan belum pernah dipublikasikan, untuk kemudian diseleksi oleh Dewan Juri yang berkompeten.

“Karena media tembok untuk peserta lomba terbatas jadi tidak semua peserta dapat diakomodir untuk mengikuti lomba BMF 2021. Dewan Juri akan melakukan tahap seleksi penyisihan,” jelasnya.

Selanjutnya, mulai 18 – 20 Oktober 2021, design yang dikirim Peserta akan diseleksi oleh Dewan Juri untuk dipilih lima terbaik untuk dikirim dan diseleksi pada tingkat Mabes.

Kemudian pada 21 Oktober 2021, Mabes Polri akan memilih 1 yang terbaik untuk diikut sertakan pada lomba BMF 2021 tingkat Mabes bersama peserta dari 34 Polda lainnya.

“Sedangkan 4 peserta yang tidak terpilih di tingkat Mabes akan mengikuti lomba BMF Polda Kalsel 2021 bersama peserta yang lolos seleksi Dewan Juri di area Kolam Renang SKB Mulawarman Banjarmasin pada 30 Oktober. Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto bersama Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono dan Pejabat Utama Polda Kalsel akan hadir sekaligus meninjau karya mural peserta sekaligus menyerakan hadiah lomba kepada pemenang. Untuk lebih jelasnya dipersilahkan kepada masyarakat pegiat mural yang ingin mendaftar menghubungi contact person yang tertera,” tutupnya. (POLDAKALSEL-RIW/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm