318 JCH KLOTER PERTAMA EMBARKASI BANJARMASIN DIBERANGKATKAN

administrator 15 July 2019 Daerah 155 Views

Suasana pengarahan pelepasan Jamaah Calon Haji Embarkasi Banjarmasin, di asrama haji Banjarbaru, Selasa (9/7/2019). MC Kalsel/Jml

Sebanyak 318 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama Embarkasi Banjarmasin, asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kota Banjarmasin diberangkatkan siang ini pukul 12.20 WITA menggunakan maskapai Garuda Indonesia Air Bus seri 200 dengan nomor penerbangan GIA 8201.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Noor Fahmi menjelaskan bahwa sejatinya JCH yang diberangkatkan pada kloter pertama siang ini berjumlah 325 JCH.

“325 tersebut sudah termasuk dengan petugas haji, namun karena ada satu orang JCH yang meninggal dunia serta enam orang JCH yang masih dirawat, sehingga untuk kloter pertama ini hanya 318 orang saja yang diberangkatkan” kata Fahmi saat ditemui rekan pers usai pelepasan JCH kloter pertama, di asrama haji Banjarbaru, Selasa (9/7/2019).

Fahmi menerangkan, bahwa enam orang JCH yang masih dirawat ini memderita penyakit HB rendah dan hipertensi yang mengharuskan untuk menunda keberangkatannya.

“Kita lihat kondisi mereka dulu, pasti diberangkatkan, hanya saja dimutasi ke kloter berikutnya” terang Kakanwil Kemenag Kalsel.

Terkait dengan barang bawaan, Noor Fami menyayangkan masih ada JCH yang membawa barang atau alat yang tidak diperbolehkan seperti pasta gigi, kecap, gunting, dan lainnya.

“Waktu manasik haji kan sudah diberitahukan kepada jemaah calon haji barang apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dibawa, Saya berharap kepada jemaah calon haji kloter berikutnya untuk memperhatikan barang bawaan mereka” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor berpesan agar JCH asal Kalimantan Selatan mengikuti pentunjuk yang diberikan oleh petugas selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

“Untuk seluruh JCH asal Kasel, agar mengikuti segala pentunjuk yang sudah ditetapkan, utamakan hal-hal yang bersifat wajib untuk dilakukan serta usahakan disesuaikan dengan kemampuan JCH” tukasnya.

Sahbirin juga berharap agar JCH asal Kalsel diberikan keselamatan saat berangkat ke tanah suci hingga kembali ke tanah air, serta menjadi haji yang mambur. MC Kalsel/Jml

 

Sumber : MCKALSEL

Pencarian

Kategori

Berita
Daerah

Berita Terpopuler

Goverment Public Relations