PEMPROV KALSEL TETAP LIBATKAN PUSAT UNTUK REALISASI PEMBANGUNAN PROYEK STRATEGIS

Penulis 22 July 2021 Daerah 0 Views

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan tetap melibatkan kementerian ditingkat pusat, dalam rangka merealisasi sejumlah proyek strategis di wilayah ini.

Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira mengatakan meski alokasi anggaran pembangunan proyek strategis ini akan dibantu oleh PT Pasifik Global Investment. Namun, pemerintah pusat dipastikan tetap membantu.

“Dalam diskusi yang kami lakukan, pemerintah pusat menanyakan kemampuan anggaran dari Pemprov Kalsel berapa dan swasta berapa,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Pemprov Kalsel, lanjut Fajar Desira, melalui diskusi secara daring yang sempat dilaksanakan dengan pemerintah pusat beberapa waktu yang lalu menanyakan langsung berapa alokasi anggaran yang harus ditambahkan pihaknya untuk membantu dalam merealisasikan pembangunan proyek tersebut.

“Pemprov Kalsel tetap melibatkan kementerian pusat yakni PUPR RI, Perhubungan dan stakeholder lainnya termasuk proyek jalan dan jembatan hingga perencanaan pembangunan infrastruktur lainnya juga,” ucapnya.

Terlebih, ia mengakui proyek strategis yang dicanangkan tersebut masih ada hak andil besar dari pemerintah pusat.

“Desain perencanaan awalnya saja memang dari pusat,” jelasnya.

Adapun perencanaan proyek strategis ini diketahui sebagai bentuk persiapan untuk menuju pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang baru. Oleh sebab itu, salah satu efektivitas dalam pemulihan serta kebangkitan ekonomi nasional adalah dengan adanya infrastruktur.

“Kita harapkan, semoga ini bisa berjalan dengan lancar seiring dengan adanya program penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, proyek strategis yang akan dibangun di Kalimantan Selatan ini setidaknya ada beberapa, diantaranya meliputi kereta api bandara, layanan rumah sakit (RS) jantung sehat, pelabuhan Trisakti Baru di Kota Banjarmasin, jalan bebas hambatan (bypass) Banjarbaru – Tanah Bumbu dan jembatan Pulau Laut di Kabupaten Kotabaru. (RHS/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm