PEMPROV KALSEL LAKSANAKAN RAPAT TEKNIS TKKSD, BERAGENDAKAN PEMBAHASAN NASKAH KESEPAHAMAN BERSAMA

Penulis 20 May 2022 Daerah 0 Views

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana, Banjarbaru, Kamis (19/5/2022). MC Kalsel/Rns

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan rapat teknis Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Provinsi Kalsel dengan agenda Pembahasan Naskah Kesepakatan Bersama antara Pemprov Kalsel, Pemerintah Kota Banjarbaru, Pemerintah Kota Banjarmasin serta Pemerintah Kabupaten Banjar tentang Program Merdeka Sampah Jalan Protokol Menuju Ibu Kota Provinsi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, dalam kesempatan tersebut mengatakan pada umumnya semua  yang hadir sepakat untuk mencoba menyelesaikan masalah sampah yang ada dijalan protokol.

“Saat ini kita masih mendiskusikan draft naskah untuk perjanjian kesepakatan bersama antara Gubernur Kalsel, Walikota Banjarmasin, Walikota Banjarbaru serta Bupati Banjar,” kata Hanifah, Banjarbaru, Kamis (19/5/2022).

Ditambahkan Hanifah, hal tersebut juga sebagai persiapan untuk menyambut event nasional Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kalsel yang mana nantinya akan kedatangan Kafilah-kafilah dari seluruh kota di Indonesia.

Nantinya, terdapat 12 venue yang tersebar di 3 Kab/Kota yaitu, Banjarmasin, Banjarbaru, dan Banjar, diharapkan saat pelaksanaan MTQ nanti sampah yang ada disepanjang jalan protokol sudah bersih.

“Itu rencana jangka pendeknya. Nantinya penandatanganan akan dilaksanakan saat peringatan Hari Lingkungan Hidup disertai dengan beberapa program prioritas provinsi untuk lingkungan hidup yang juga membersamai kegiatan tersebut,” kata Hanifah. 

Menurut Hanifah, sampah ini perlu kolaborasi bersama untuk menanganinya dengan berupaya mendorong perubahan sikap, pola pikir dan gaya hidup masyarakat untuk menuju masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam pengelolaan sampah. MC Kalsel/Rns

SUMBER : diskominfomc