TPA BANJARBAKULA AKHIRNYA DI RESMIKAN PRESIDEN JOKOWI

Penulis 10 February 2020 Berita 835 Views

BANJARBARU – Presiden Joko Widodo dengan didampingi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor kembali meresmikan TPA Banjarbakula regional Kalimantan Selatan, di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Jumat (7/2).

Presiden Jokowi, Gubernur Kalsel, Sahbirini Noor dan Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani menekan tombol sirene tanda meresmikan TPA Banjarbakula, Jumat (7/2).

Dalam hal ini, Presiden RI yang ditemani bersama dengan jajaran kabinet bersatunya pun berhasil berkunjung ke Bumi Antasari dan disambut hangat oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor beserta Ketua DPRD Kalsel, Supian H.K di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, di Banjarbaru.

Presiden Jokowi saat menjelaskan tentang Pilot Project untuk TPA Banjarbakula, Jumat (7/2).

Setelah menyempatkan bertemu dengan Gubernur Kalsel dan Ketua DPRD Kalsel, Presiden RI, Jokowi langsung menuju ke TPA Banjarbakula yang nantinya akan menjadi pilot project dalam hal daur ulang bahan baku (Batu bara) nabati.

Tak hanya itu, Presiden RI, Jokowi beserta jajarannya seperti Mahfud MD (Menkopolhukam), Siti Nurbaya (Menteri LHK), dan Mochammad Basuki Hadimoeljono (Menteri PUPR RI) turut berhadir dalam peresmian kegiatan yang diselenggarakan di TPA Banjarbakula, di wilayah kota Banjarbaru.

Saat ditanya tentang proyek utama oleh sejumlah wartawan di TPA Banjarbakula, Presiden RI – Jokowi, mengaku kagum dan sangat terpukau dengan luasannya yang mencapai 15 hektar lebih, bahkan, kapasitas untuk menampung sampah setiap harinya mencapai dapat 100 ton lebih.

“Yang pasti saya sangat kagum, karena TPA Banjarbakula ini bisa menampung sampah di lima Kabupaten/Kota, dari organik hingga plastik luar biasa,” ujar Presiden.

Kendati demikian, lanjut Jokowi, untuk pilot project daur ulang bahan bakar (Batu Bara) nabati masih masuk tahap pengkajian apabila berhasil maka proyek tersebut bisa dijalankan seperti wilayah Provinsi lainnya seperti, Makasar, Palembang, Bali hingga Kalimantan Timur.

“Ya, bukan hanya takjub, tapi kalau ini berhasil maka energi kita kembangkan akan menjadi proyek yang berkelanjutan dari sampah bisa didaur ulang jadi bahan bakar yang berfungsi untuk kesejahteraan rakyat, kami dukung lah TPA Banjarbakula ini,” tutur Presiden lagi.

Selain itu, Jokowi juga memberikan hibah mobil alat berat kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk TPA Banjarbakula Regional Kalimantan Selatan yang langsung diterima oleh Guberbur Kalsel, Sahbirin Noor.

“Saya bangga dan salut dengan Kalsel, untuk TPA Banjarbakula bisa menampung sampah di lima Kabupaten/Kota yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Batola dan Tanah Laut dan kajian untuk proyek pada 2020 harus segera terealisasi,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, anggaran pembangunan TPA Banjarbakula yang sudah dikeluarkan melalui APBN sebesar Rp4,19 miliar. Bahkan, ditaksir program yang dijadikan pilot project oleh Presiden Jokowi bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI akan dilaksanakan pada 2020 ini. (RHS/RDM/RHD)

 

Sumber : abdipersadafm

Pencarian

Kategori

Berita
Daerah

Berita Terpopuler

Goverment Public Relations