PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR LEBIH BAIK, DINAS PUPR KALSEL ADAKAH SERTIFIKASI TENAGA AHLI KONSTRUKSI BANGUNAN JALAN

Penulis 27 September 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi tenaga ahli konstruksi agar pembangunan infrastruktur di banua dapat lebih baik. 

Komitmen tersebut dilakukan dengan cara memberikan sertifikasi bagi tenaga ahli yang berkecimpung dalam pekerjaan konstruksi.

“Hari ini ada sekitar 37 peserta yang memngikuti sertifikasi tenaga ahli bangunan jalan. Sertifikasi ini sangat penting sekali dimiliki para tenaga ahli konstruksi khususnya pada pekerjaan pembangunan jalan,” kata Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kepala Seksi Pemberdayaan PUPR Kalsel, Ihsan Riskiyandi di Aula Kantor Dinas PUPR Kalsel, Banjarbaru, Kamis (26/9/2024). 

Ia mengatakan sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah nomor 14 tahun 2021 perubahan atas peraturan pemerintah nomor 22 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi, bahwa tenaga kerja konstruksi yang beraktifitas sebagai tenaga ahli maupun tenaga terampil wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. 

“Kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ujarnya. 

Oleh karena itu, kiprah saudara dalam pembangunan konstruksi di banua sangat diperlukan ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat, maka perlu kesiapan bagi kita semua untuk menghadapinya terutama bagi bagi yang bekerja sebagai tenaga kerja konstruksi saat ini.

“Melalui media kegiatan sertifikasi tenaga ahli ini, diharapkan agar seluruh peserta dapat tambahan kompetensi, pengetahuan, keterampilan, partisipasi dalam perencanaan dan perancangan sektor jasa konstruksi, sehingga dapat menyajikan produk pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan laik fungsi sesuai yang diharapkan,” imbuhnya.

Ia berpesan kepada semua peserta, agar mengikuti kegiatan sertifikasi tenaga ahli ini, dengan sungguh-sungguh dan mudah-mudahan dengan pembekalan teknis singkat ini akan menjadi bekal bagi peserta menjadi lebih profesional dibidangnya dan memiliki SKA sesuai kompetensinya. MC Kalsel/tgh

SUMBER : diskominfomc