DINAS PUPR KALSEL BANGUN AKSES JALAN MENUJU MAKAM DATU KELAMPAYAN

Penulis 25 September 2020 Daerah 0 Views

Proyek pembangunan Akses jalan menuju Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Kabupaten Banjar, Rabu (23/9/2020). MC Kalsel/tgh
 

Pemerintah Provinsi Kalsel, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel menggarap akses jalan menuju Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Akses jalan ini diperuntukan untuk mengurangi kemacetan bagi warga kalsel yang ingin berziarah.

“Dinas PUPR Kalsel telah mengucurkan anggaran Rp35 Miliar. Tahap awal tahun 2019 pembagunan akses jalan dikucurkan dana sebesar Rp20 miliar sedangkan tahun 2020 sebesar Rp15 milar,” kata Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kabid Bidang Bina Marga Kalsel M. Yasin Toyib, Banjarbaru, Rabu (23/9/2020).

Menurut Yasin, total panjang jalan akses menuju makan ini kurang lebih 6 kilometer dan lebar jalan 20 meter dengan melintasi enam desa dari dua kecamatan di Kabupaten Banjar yaitu, Desa Sungai Kitano, Akar Baru, Akar Bagantung, Munggu Raya, Dalam Pagar Ulu dan Kelampayan Tengah di Kecamatan Astambul dan Martapura Timur.

“Jadi yang sudah dikerjakan kurang lebih 1.5 kilometer. Pengerjaan jalan dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan dia, pembangunan jalan ini ditargetkan selesai pada tahun 2024 dengan menghabiskan total anggaran kurang lebih Rp150 miliar.

“Insha allah pembangunan jalan tersebut kita cicil setiap tahunnya dan ditargetkan tahun 2024 selesai,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya jalan akses menuju makam dapat memudahkan para peziarah yang tiap tahun selalu memadati komplek pemakaman Datu Kelampayan dan mengurangi kemacetan ketika menjelang haul. MC Kalsel/tgh

SUMBER : diskominfomc