DLH PALANGKARAYA PELAJARI PENGELOLAAN ARSIP DI DEPO ARSIP KALSEL

Penulis 14 January 2022 Daerah 0 Views

Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima kunjungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah dalam rangka studi banding pengarsipan di SKPD setempat.

Pada kesempatan tersebut, rombongan DLH Kota Palangkaraya diajak berkeliling melihat fasilitas pengelolaan arsip yang ada di Depo Arsip.

Dari kunjungan ini, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian DLH Kota Palangkaraya, Tri Rahayuni, mengatakan banyak hal yang dipelajari, di antaranya pengklasifikasian berkas, pengkodean berkas, serta tips untuk merawat berkas agar tidak cepat rusak.

“Untuk kearsipan kita sudah mulai tertib, tapi masih banyak yang belum kita ketahui terkait tata kelola arsip yang baik. Jadi kami kesini (Depo Arsip Kalsel) untuk belajar agar lebih baik lagi tata kelola kami,” kata Tri, Banjarbaru, Kamis (13/1/2022).

Tri pun berharap pihaknya dapat berbenah dan mencontoh pengelolaan arsip di Depo Arsip Kalsel.

“Semoga apa yang kami dapatkan dari kunjungan studi banding hari bisa kami terapkan juga ditempat kerja kami secara perlahan,” ucapnya.

Di kesempatan tersebut, Arsiparis Ahli Pertama Depo Arsip Dispersip Kalsel, Abdus Mayadi, menyampaikan pengelolaan arsip aktif sesuai dengan acuan Permendagri No 78 Tahun 2012 tentang Tata Kearsipan di Pemerintah Daerah.

“Ini merupakan salah satu hal yang harus dikuasai oleh setiap SKPD agar arsip bisa terkelola dengan baik. Semoga apa yang mereka dapatkan pada pertemuan hari ini bisa diterapkan di lingkungan kerjanya, sehingga tata kelola kearsipan mereka jadi lebih baik lagi,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc