PELAJARI PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN, IPI KALTENG KUNJUNGI PERPUS PALNAM

Penulis 13 October 2021 Daerah 0 Views

BANJARMASIN – Sebanyak 5 orang Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Wilayah Kalteng melakukan kunjungan ke Perpustakaan Palnam milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan. Kunjungan mereka yang dilaksanakan pada Rabu (12/10) tersebut dalam rangka kaji banding pengelolaan layanan perpustakaan serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pustakawan di Kalsel. Rombongan IPI Kalteng diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel Nurliani.

Suasana Kunjungan IPI Kalteng ke Perpustakaan Palnam

Dalam sambutannya, Kadispersip Kalsel yang akrab disapa Bunda Nunung ini menyampaikan bahwa pengembangan SDM Pustakawan sangat diakomodir di Perpustakaan Palnam.

“Hal ini tentu dalam rangka meningkatkan minat baca dan pembangunan literasi di Kalsel,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah (PD) IPI Kalteng, Yose Hernando mengucapkan terima kasih atas kesediaan Dispersip Kalsel menerima kunjungan kerja mereka. Ia juga memberikan apresiasi terhadap pengembangan layanan perpustakaan dan peningkatan SDM Pustakawan di Kalsel.

“Strategi Kalsel dalam merangkul Pustakawan akan menjadi percontohan untuk IPI Kalteng di masa akan datang,” ungkapnya.

Selain berdiskusi, rombongan PD IPI Kalteng dibawa berkeliling melihat layanan perpustakaan di Perpustakaan Palnam. Mereka sangat terkesan atas perubahan yang sangat signifikan dibanding lima tahun sebelum kepemimpinan Bunda Nunung.

“Hal ini mencerminkan Kadispersip dapat memberdayakan Pustakawan dan Menghidupkan DPD IPI secara signifikan,” jelas perwakilan IPI Kalteng.

Menanggapi hal itu, Bunda Nunung kembali menyampaikan bahwa setiap Dispersip di seluruh Indonesia mempunyai karakteristik yang berbeda beda seperti bangunan, SDM, lokasi, yang bisa menjadi unggulan untuk peningkatan pembangunan literasi dan minat baca di daerah masing-masing,

“Tetaplah semangat mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan profesi pustakawan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dispersip Kalsel juga menerima kunjungan Dispersip Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalteng pada Selasa (28/9) serta Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalsel pada Kamis (7/10) lalu. (HUMASDISPERSIPKALSEL-NRH/RDM/RH)

SUMBER : abdipersadafm