EVALUASI IMPLEMENTASI SAKIP, SEKDA KALSEL: PEMACU UPAYA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BANUA

Penulis 10 July 2024 Daerah 0 Views

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar menyatakan kesiapan untuk menindaklanjuti berbagai masukan dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi dari tim evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di salah satu hotel di Banjarmasin.

“Komitmen ini menjadi pemacu semangat kami untuk selalu memberikan upaya terbaik bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat banua,” ujar Roy dalam sambutannya pada Evaluasi Implementasi – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Rabu (10/7/2024).

Evaluasi implementasi SAKIP kali ini bagi pemerintah daerah di Kalsel terus berkelanjutan, Ia berharap kiranya ini menjadi upaya dan langkah dalam peningkatan akuntabilitas dan kinerja instansi pemerintah yang lebih baik.

Selanjutnya, SAKIP hadir sebagai alat untuk mengukur sejauh mana kinerja atau pencapaian suatu instansi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan, dari hal tersebut kemudian dapat diidentifikasikan kekuatan dan kelemahan yang terjadi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

“Pemerintah Provinsi Kalsel terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi perangkat daerah dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan, berdasarkan catatan dan rekomendasi laporan hasil evaluasi SAKIP Tahun 2023,” lanjutnya.

Dijelaskan, Pemprov Kalsel juga telah melakukan beberapa langkah perbaikan, yaitu penyempurnaan alur penjenjangan kinerja di tiap perangkat daerah melalui proses penjenjangan kinerja sesuai Permenpan Nomor 89 Tahun 2021, menyempurnakan crosscutting kemiskinan, menyempurnakan aplikasi e-SAKIP dengan menampilkan logframe, menyempurnakan integrasi e-monev, e-sakip dan e-dialog serta yang terakhir menyelaraskan kinerja individu dengan kinerja organisasi melalui penilaian capaian kinerja organisasi yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 18 Tahun 2023.

Pada evaluasi ini pula, selain Pemprov Kalsel juga dilakukan evaluasi bagi tiga Pemerintah Kabupaten diantaranya Tanah Laut, Tapin, dan Hulu Sungai Tengah, kabupaten tersebut akan dinominasikan untuk naik peringkat.

Evaluasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelayanan publik telah diselenggarakan dengan baik dan penggunaan anggaran digunakan secara tepat sehingga program pemerintahan yang dilaksanakan memberi dampak positif bagi masyarakat luas.

“Maka penting bagi kita semua untuk memberi perhatian serius terhadap hasil evaluasi sehingga kedepannya dapat menyusun langkah-langkah strategis dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja instansi,” tutup Roy Rizali Anwar. MC Kalsel/Fuz

SUMBER : diskominfomc