Gelorakan Semangat Pejuangan Demi Kalsel Mapan

MOMEN Hari Pahlawan ini patut dihargai sebagai refleksi bagi seluruh lapisan masyarakat di Banua agar mencontoh semangat para pejuang dan tokoh pahlawannya. Karena itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di bawah kendali Gubernur Sahbirin Noor tidak pernah hentinya menggelorakan, dengan penuh semangat, dalam mempersatukan persatuan dan kesatuan Banua yang utuh, waja sampai ka putting.

"Kami tidak akan pernah ada saat ini, tanpa andil para pejuang terdahulu. Karena itu marilah kita terus berjuang melawan kemiskinan, melawan kebodohan dan terus melawan narkoba. Karena sejatinya, narkoba merusak negeri ini yang susah payang diraih kemerdekaanya oleh para pejuang," seru Gubernur.

Tidak lupa pula, H. Sahbirin Noor menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada para pemimpin dan tokoh pejuang di daerah ini atas jasa dan pengabdian pendahulu atau jasa pahlawan untuk membangun Provinsi Kalimantan Selatan.

Gubernur Sahbirin juga mengharapkan, pengabdian dan hasil karya berharga yang diberikan kepada Banua bisa menjadi sumber inspirasi dan kekuatan untuk meneruskan dan mewujudkan kehidupan yang lebih maju, aman, damai dan sejahtera, Kalsel Mandiri dan Terdepan.

"Mari kita teguhnya komitmen untuk bersatu dan memberikan karya dan prestasi terbaik bagi banua Kalimantan Selatan yang kita banggakan ini," pintanya.

Dengan nada penuh semangat, lelaki. Lelaki pria yang juga disapa Paman Birin ini juga mengajak menggelorakan semangat bekerja keras, haram manyarah, waja sampai ka putting untuk membangun banua tercinta ini.

"Karena dengan kerja keraslah. Kita bisa meraih cita-cita dan harapan untuk mewujudkan masyarakat makmur dan sejatera," ujar Gubernur Sahbirin Noor.

Menurut Gubernur, makna di balik Hari Pahlawan pada 10 Nopember ini sebagai generasi bangsa tidak boleh lupa akan sejarah. Gubernur juga mengajak untuk menyimak pidato Bung Karno pada 17 Agustus 1966.

"Jas Merah yang artinya yang jangan sekali-kali melupakan sejarah. Karena dengan sejarah masa lalu, maka kita dapat mengintrospeksi, memetik hikmah, menjadikan motivasi dalam langkah untuk membangun mewujudkan Provinsi Kalimantan Selatan yang lebih baik dan sejahtera," susulnya.

Tidak sedikit pejuang dari Banua, namun dedikasi khusus untuk Ir. H Pangeran Muhammad Noor yang diperjuangkan menjadi pahlawan nasional dari Kalimantan Selatan. Juga sudah ada pahlawan nasional sebelumnya dari Kalsel, yakni Pangeran Antasari, brigjen. H Hassan Basry, Idham Chalid. Semuanya sudah lebih dulu dinobatkan sebagai pahlawan nasional.
 

"Jayalah semangat para pahlawan kita, jayalah selalu banua kita," seru Sahbirin Noor. (*) Eti

Sumber: Banjarmasin Post edisi Kamis, 10 Nopember 2016

Share