Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Hadiri Haul Datuk Kelampaian

  • Harapkan Lahir Syekh Muhammad Arsyad Baru

Gubernur Sahbirin Hadiri Haul Datuk KelampaianMartapura,KP - Usia mangkatnya Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari sudah memasuki yang ke 210.

Dengan kepergian ulama besar yang sudah ratusan tahun ini, namun jasa dan perjuangannya masih tetap dikenang. Itu terbukti, dengan Haul ulama yang akrab disebut Datu Kalampayan ini setiap tahunnya. Senin (11/7) atau 6 Syawal kembali dilaksanakan Haul di Masjid Jami Tuhfaturroghibin Desa Dalam Pagar Kecamatan Marapura Timur. Jamaah yang berhadir pada Haul ke 2010 ini mencapai 50 ribu orang.

Menurut Bupati Banjar KH Khalilurrahman, sudah sepatutnya masyarakat Kalsel menteladani Datu Kalampayan.

"Setiap peringati Haul kita harus menteladani beliau, cita-cita beliau, kita harapkan lahir lagi Syekh Muhammad Arsyad berikutnya,  bukan sekedar memperingati," harapnya.

Proses haul dumulai dengan Maulid Habsyi yang dipimpin oleh Guru Hakim dan dilanjutkan Doa oleh Habib Ali Al Idrus. Kemudian selanjutnya, adalah pembacaan Al-Qur'an dan Manaqib Syekh Muhammad Arsyad uleh Guru Zainal Ilmi.

Puncak dari Haul ini adalah pembacaan Surah Yasin dipimin oleh KH Asmuni atau Guru Danau serta Tahlil dipimpin Guru Wildan.

"Kehadiran kita sebagai undangan banyak hikmah kita dapatkan disini, terutama silaturrahmi dan mensiarkan ajaran Islam. Selain itu juga, diajarkan menghormati alim ulama, dan para pejuang, harapannya acara seperti ini memberi nilai persaudaraan, kekerabatan, dan saling bantu membantu di kehidupan sehari-hari masyarakat Banua," ujar Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang turut berhadir. Padahal haul kali ini, selain para Alim Ulama yang behadir juga ada beberapa tokoh, di antaranya Ketua MUI Kalsel KH Husin Nafarin, Mantan Gubernur Rudy Ariffin , Anggota DPRD RI Aditya Mufti Ariffin Bupati Banjar KH Khalilurahman, Ketua DPRD Banjar H Rusli serta anggota DPR-RI Syaifulah Tamliha.

"Perkiraan awal kami yang datang jumlahnya 45 ribu, jadi kami menyiapkan 40 ribuan makanan dan semuanya habis. Kalau melihat tadi diperkiraan sampai 50 ribu jamaah," kata Ketua Panitia Haul ke 210, H Ahmadi Hamid. (mns/K-2) Eti

Sumber: Kalimantan Post edisi Selasa 12 Juli 2016

Share