Gubernur Anugerahi Perusahaan Peduli K3

Banjarbaru - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengapresiasi perusahaan di Banua  yang selalu berusaha meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja melalui standar operasional prosedur,  di masing-masing perusahaan sesuai amanat Undang - Undang No 13/2013, tentang Ketenaga kerjaan.
Bertepatan dengan Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Bulan Kesadaran Disiplin Nasional, berlangsung di Halaman Kantor Sekretariat Daerah, Jumat (17/2), diwakili Sekda prov Kalsel Drs H Abdul Haris, MSi, gubernur memberikan  award bagi 64 perusahaan yang dinilai berhasil mencegah terjadinya kecelakaan kerja hingga masuk pada kategori sebagai perusahaan zero accident .
Dalam kegiatan yang di hadiri pejabat dari unsur pemerintahan, pemimpin perusahaan dan karyawan - karyawati di lingkungan Pemprov Kalsel, Gubernur H Sahbirin Noor juga memberikan penghargaan kepada lima perusahaan dalam upaya mencegah dan menanggulangi risiko  HIV/AIDS di lingkungan kerja.  
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel  Antonius Simbolon menjelaskan, penghargaan gubernur tersebut diberikan kepada perusahaan yang selama ini dinilai berkomitmen tinggi dalam upaya terus menerus mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan upaya terukur meningkatan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan.
“Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional hari ini sekaligus merupakan peryataan dimulai nya Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional 2017 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia,” terangka disnaker.
Sementara itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Sekda prov H Abdul Haris mengucapkan selamat kepada perusahaan yang telah mendapat piagam penghargaan.
Menurutnya, penghargaan yang telah diberikan merupakan salah satu wujud apresiasi pemerintah provinsi kepada setiapelemen masyarakat termasuk dunia kerja yang turut berjasa membangun daerah melalui bidang pekerjaan masing-masing.
Sekda prov Kalsel mengatakan, tujuan perlindungan K3 dapat terlaksana apabila seluruh unsur perusahaan bersama-sama berkomitmen melaksanakannya.
“Tujuan perlindungan K3 dapat terlaksana apabila seluruh unsur perusahaan baik pihak manajemen, serikat pekerja dan tenaga kerja bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat resiko kerja,” tandanya.  
Hal penting lain adalah terus dilakukan sosialisasi atau pelatihan penyelamatan tenaga kerja dari resiko pekerjaan. Ini sangat penting karena keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja merupakan riset untuk meningkatkan produksi kerja. *

Share