Gubernur Lepas Perkutut

BANJARMASIN - Satu lagi ajang nasional yang berhasil digelar di Banjarmasin, yaitu Konkurs Nasional Suara Burung Perkutut yang bertepat di Lapangan Kayutangi Banjarmasin, Kemarin (8/9). Seratus tujuhpuluh peserta dari seluruh indonesia hadir dalam ajang bergengsi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Cup tersebut.

Gubernur Kalsel Rudy Ariffin berkesempatan membuka agenda Nasional Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) ini sebagai Liga Perkutur Indonesia (LPI) 2013 yang pertama diadakan di luar Pulau Jawa selain Bali. Pembukaan ditandai dengan pelepasa burung perkutut oleh Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Ketua P3SI Pusat, Zainuri Hasim, dan Ketua P3SI Kalsel, Winardi Sethiono.

Pada saat itu Rudy Ariffin berjanji untuk mengagendakan kegiatan ini pada tahun depan. "Sehingga tahun 2014 kita bisa mengadakannya lagi di Banjarmasin.

Karena dengan adanya acara ini Banjarmasin akan dikunjungi oleh seluruh peserta dari seluruh Indonesia," ungkapnya. Hal ini dosambut baik oleh Kung Mania (sebutan penggemar perkutut) yang hadi pada acara itu. Apalagi, pada kontes kali ini da trofi khusu dari GUbernur Rudy Ariffin.

Ketua P3SI pusat, Zainuri Hasim, juga menitipkan Kung Mania yang ada di Banjarmasin kepada Rudy Ariffin untuk pembinaan. Ia berharap lomba-lomba berskala nasional akan menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, sehingga tak hanya didominasi Pulau Jawa.

"Ini hobi gila. Harga burung yang mengikuti kontes di sini mencapai Rp800 juta, Bayangkan, bererti ada miliaran rupiah yang ikut di acara ini. Ramai atau sepi kegiatan Perkutut tergantung dari pengurus setempat. Saya bangga dengan pengurus P3SI kKalsel yang sukses mengadakan acara ini," katanya. (ETI)

(Sumber: Radar Banjarmasin edisi Senin, 09 September 2010)

Share