Pantau Langsung Pilkada Hingga ke Pelosok

AMUNTAI- Tak ingin hanya menerima laporan lewat sosial media atau jaringan telepon, terkait kondisi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung di dua kabupaten Kalsel, yakni Hulu Sungai Utara dan Barito Kuala, Sekda prov Drs H Abdul Haris, MSi, lebih memilih turun langsung kelapangan.
Meski harus menempuh jarak cukup jauh dari Banjarmasin ke HSU sekitar 183 kilo meter dengan menggunakan kendaraan dinas, H Abdul Haris , Selasa (14/2)malam, berangkat lebih awal agar pada saat hari pelaksanaan pilkada, (Rabu 15 Febuari 2017, red) bisa memantau lebih banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di HSU.
Lokasi pertama yang dikunjungi sekda prov adalah TPS 9 di Kota Raja, tempat di manaBupati  Abdul Wahid HK dan istri beserta keluarga menggunakan hakpilihnya.
“Kedatangan ulun kesini untuk melihat secara langsung pelaksanaan pilkada di HSU , selain untuk bersilaturahmi dengan masyarakat,” terangnya.
Dalam kunjungannya ke HSU, Sekda prov Kalsel didampingi Kepala Satpol PP Wahyudin, M.AP dan sejumlah pemprov lainnya.
Pejabat yang juga pernah menjabat Ketua KNPI Kalsel ini selain mengunjungi sejumlah TPS tersebar di HSU, juga melihat secara dekat penyelenggaraan proses pengunaan hak pilih warga binaan di LP Kelas II B Amuntai.
Di tempat ini sekda juga disambut pejabat di lingkungan LP dan sempat berdialog langsung dengan masyarakaat binaan yang menggunakan hak pilihnya.Sekda juga melakukan kunjungan ke TPS di RSUD Pembalah Batung.
Menurut Abdul Haris, berdasarkan pantauannya, sejak dibukanya pendaftaraan di TPS hingga proses penghitungan kartu suara, pelaksanaan pilkada diHSU berlangsung aman dan kondusif.  Ini semua berkat kerjasama segenap lapisan masyarakat, seperti KPU, Panwaslu, TNI/Polri, partai politik dan seluruh stake holder terkait.
Jumlah TPS di Kabupaten HSU sebanyak 697 buah dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 158.629 .Sedangkan kandidat calon bupati hanya dua pasangan calon, yakni Drs H Abdul Wahid MSi berpasangan dengan H Husairi AbdiLc dan H Muksin Haita berpasangan dengan Dr Abdul Hasib Salim MAP.
Sementara untuk pemantauan di Kabupaten Barito Kuala, dikoordinatori Asisten I Bidang Pemerintahan Setda prov Kalsel Drs H Siswansyah didampingi Kepala Badan Intelejen Negara Kalsel Daru Cahyono dan Kepala Biro Humas Kurnadiansyah S Sos, meski harus melewati medan jalan cukup berat, sejumlah TPS di pelosok pinggiran kota Marabahan juga sempat dikunjungi.
Sejumlah TPS yang dikunjungi anara lain TPS 1 di Kota Marabahan, TPS 2 Desa Sungai Raya, TPS 1 Desa Barambai, TPS 1 Desa Bagagap, TPS 1 Desa Sungai Kali, TPS 2 Desa Bambangin, TPS 1 Desa Paramitadan TPS 1 Desa Saluang Pasar dan beberapa TPS di Kelurahan HandilBakti.
Dalam kunjungan langsung di Kabupaten Batola Tim Desk Pilkada 2017 disambut langsung Sekda Batola Ir H Supriyono Ketua KPU Batola Nanang Kaderi dan Sekretaris KPU Sahrianuddin S. Sos.

Share