Siapkan Atlet Panjat Dinding

Menampilkan IMG-20161223-WA0003.jpgBanjarmasin - Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor membuka kejuaraan Panjat Dinding Rektor Uniska CUP III, Banjarmasin, Jum’at (23/12). Pembukaan kejuaran tersebut ditandai dengan pelatakan point panjat oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dan Rektor Uniska Mustatul Anwar.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi yang tinggi kepada jajaran Uniska, Mapala Uniska dan seluruh panitia pelaksana serta pihak yang mendukung terlaksananya kejuaraan ini. Insyallah kegiatan ini akan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan prestasi olahraga di Kalimantan Selatan,” katanya.

Disampaikan Gubernur, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menghajatkan pada tahun 2024 menjadi tuan rumah PON, oleh karena itu setiap cabang olahraga termasuk gerenasi panjat di Kalsel agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Menurut Alumni terbaik Uniska ini, olahraga panjat tebing dan panjat dinding telah berkembang menjadi olahraga alternatif bagi generasi muda untuk menyalurkan energi mereka pada kegiatan yang positif dan konstruktif. Olahraga yang penuh tantangan ini memiliki nilai positif yaitu untuk membentuk watak, karakter, memupuk jiwa sportif dan semangat juang serta merupakan penyaluran bakat dan prestasi.

“Kejuaran panjat dinding ini harus dimaknai sebagai satu rangkaian pembinaan olahraga khususnya di daerah. Kita bisa liat tingginya animo peserta sebagai modal berharga untuk membangun prestasi olaharaga, apalagi mengingat panjat dinidng saat ini berkembang menjadi salah satu cabang olahraga populer yang makin digemari dan makin diminati,” katannya.

Pada kesempatan tersebut pria yang kerap disapa Paman Birin itu,mengajak kepada semua pihak untuk membangun prestasi olahraga melalui pembinaan atlet yang berjenjang dan berkesinambungan.

“Hanya dengan pembinaan yang baik kita dapat meraih prestasi yang lebih membanggakan dalam setiap cabang olahrag apapun termasuk panjat dinding. Salah satu saluran yang tepat adalah melalui kegiatan-kegiatan kejuaran seperti ini, karena itu, mari sukseskan penyelenggaraan kejuaran panjat dinding kali ini semoga tujuan dan harapan kita bisa tercapai sebagaimana mestinya.Tterutama upaya terkait untuk membangkitkan prestasi olahraga panjat dinding ditingkat lokal, regional, maupun nasional.

Sebelumnya, Ketua Umum Malpala Uniska Ganang Prastetyo melaporkan, untuk peserta yang mengikuti kejuaraan panjat dinding ini berjumlah 111 orang yang terbagi tiga kategori yaitu kategori pecinta alam, kategori umum putera, kategori umum puteri yang akan merebutkan uang pembinaan dan piala.

“Kejuaran panjat dinding Rektor Uniska CUP kali ini kami selenggarakan dalam rangka memperingati maulidiyah ke -24 Mapala uniska, kami selaku pantita mengucapkan terima kasih karena Bapak Gubernur Kalimantan Selatan telah berkenan hadir, kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses,sportif dan bisa mengharumkan nama Universitas mencari bibit-bibit baru untuk atlet panjat Kalimantan Selatan,” katanya.syh/kh

(Sumber : Newsroom Biro Humas Setdaprov Kalsel edisi Selasa, 27 Desember 2016)

Share