Pengantin Banjar Bagajah Gamuling Dipatenkan

Banjarmasin, KIP - Salah kekayaan budaya Kalsel berupa pengantin adat Banjar Bagajah Gamuling saat ini tengah dipatenkan sebagai hak milik provinsi ini.

Upaya mematenkan pangantin adat Banjar Bagajah Gamuling An dilakukan of eh Harpi Melati selaku kumpulan para pengrias pengantin di daerah ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj.Hayatun Fardah  selaku pembina, mengaku bangga dengan upaya Harpi Melati mematenkan dan mempertahankan budaya daerah, meski sangat minim bahkan tanpa bantuan dari pemerintah daerah.

"Bahkan sebelum ini Harpi Melati sudah berhasil mematenkan pengantin Banjar Baamar Galung," ajar Istri Gubernur Kalsel Hj Hayatun Fardah bangga.

Ketua DPD Harpi Melati Provinsi Kalsel Hj. Darmatasiah mengatakan, upaya mematenkan pengantin ada Banjar Bagajah Gamuling telah disampaikan ke Direktorat Hak Paten, namun sebelumnya akan dilakukan terlebib dahulu membahasan di Palembang, Sumatera Selatan bersama dengan Jawa Timur dan Bali yang juga akan mematenkan Dudaya daerahnya.

"Setelah dibahas di Palembang, akan dilakun penetapan di Banjarmasin dengan menghadirkan anggota. Harpi Melati se Kalsel yang saat ini jumlahnya mencapai 400 orang," jelas Darmatasiah.

Kepada Ketua TP PKK Kalsel, rombongan DPD Harpi Welati juga memohon dukungan dan doa restu atas upaya yang dilakukan, termasuk minta masukan atau solusi menyangkut pendanaan.(Ha/K-2) kh

(Sumber : Kalimantan Post edisi Rabu, 24 Juli 2013)

Share