HPS MOMEN PENINGKATAN GIZI MASYARAKAT

administrator 10 July 2018 Daerah 114 Views

Gubernur Kalsel didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, H M Muslim memberikan bantuan kepada warga Desa jejangkit, Kab. Batola, Senin(9/7)

Bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2018, tidak hanya fokus terhadap optimasi lahan, tetapi juga momen upaya lebih meningkatkan  gizi masyrakat. Salah satunya adalah memberikan paket makanan berasupan gizi untuk ibu hamil dan anak usia dua tahun yang layak dibantu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, HM,  Muslim pada saat meninjau Posko Pelayanan Kesehatan, di lokasi Hari Pangan Sedunia 2018 , Desa Jejangkit, Kabupaten Batola, Senin(9/7).

“Kita menjadikan Hari Pangan Sedunia tahun 2018 yang dipusatkan di Kalimantan Selatan menjadi momentum peningkatan  gizi masyarakat dengan sasaran  ibu hamil mapun anak usia sampai dua tahun yang layak dibantu” sebutnya.

Menurut Kadinkes, pentingnya penambahan asupan makanan yg mengandung nilai gizi yang  lebih berlaku pada saat 1000 hari pertama kehidupan, yaitu mulai dari masa kehamilan sampai anak berumur 2 tahun. Saat ini Dinas Kesehatan Kalsel   tengah berkoordinasi dengan panitia HPS untuk memecahkan Rekor MURI terkait jumlah penerima paket perbaikan gizi.

“Kita ingin memecahkan Rekor MURI  terkait jumlah penerima perbaikan gizi, tetapi ini masih rencana, kami masih berkoordinasi dengan pihak panitia HPS, rencananya penyerahan pada saat puncak Hari Pangan Sedunia,” ucapnya.

Di samping itu, untuk peningkatan atau perbaikan  gizi, Dinas Keaehatan tidak bisa bekerja sendiri saja harus ada dukungan dari stakeholder terkait, seperti peningkatan produksi pertanian untuk mendukung ketahanan pangan. Peringatan HPS 2018 tahun ini harus dijadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya gizi baik untuk membangun generasi sehat dan berprestasi. Mc Kalsel/Rns

 

Sumber : MCKALSEL.ID